Hubungan Gaya Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP

DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v3i2.64Keywords:
Teaching Style, Learning Motivation, Cognitive Learning Outcomes, Secondary School, natural scienceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) 2) mendeskripsikan hubungan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar kognitif IPA, mendeksripsikan hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif IPA, dan 3) mendeskripsikan hubungan gaya mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non eksperimen yang termasuk dalam penelitian korelasional dengan teknik analisis Regresi Ganda dan dihitung menggunakan software SPSS versi 24.0. Populasi dan sampel penelitian ialah siswa kelas VIII SMP IT Darul Fikri Sidoarjo. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru dan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP IT Darul Fikri Sidoarjo, 2) tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP IT Darul Fikri Sidoarjo, dan 3) tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP IT Darul Fikri Sidoarjo. Simpulan dari penelitian bahwa banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar seorang siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal tidak hanya motivasi dan gaya mengajar guru saja. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengungkap faktor-faktor lainnya yang turut berperan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa selain gaya mengajar guru.
Kata Kunci: gaya mengajar Guru, hasil belajar Kognitif, IPA, motivasi belajar, SMP
This study aims to 1) 2) describe the relationship of teacher's teaching style to natural science cognitive learning outcomes, describe the relationship of learning motivation to natural science cognitive learning outcomes, and 3) describe the relationship of teacher's teaching style and learning motivation to natural science cognitive learning outcomes. The type of research used is non-experimental quantitative research which is included in correlational research with Multiple Regression analysis techniques and calculated using SPSS software version 24.0. The population and sample of the study were 8th grade students of SMP IT Darul Fikri Sidoarjo. Data collection techniques were obtained through questionnaires and documentation. The results of the study show that 1) there is a significant relationship between the teaching style and the cognitive learning outcomes of students in natural science 8th grade students of SMP IT Darul Fikri Sidoarjo, 2) there is no significant relationship between learning motivation and cognitive learning outcomes of students in natural science subjects 8th grade SMP IT Darul Fikri Sidoarjo, and 3) there is no significant relationship between the teaching style and learning motivation on students' cognitive learning outcomes in natural science subject students of 8th grade SMP IT Darul Fikri Sidoarjo. The conclusion from the research is that many factors influence the success of a student's learning to achieve maximum learning outcomes, not only the teacher's motivation and teaching style. Future research is expected to uncover other factors that play a role in improving students' cognitive learning outcomes besides the teacher's teaching style.Keywords: cognitive learning outcomes, learning motivation, Natural Science, Teaching Style, Secondary School
References
Adila, A. U. (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas XI Di MAN Kota Blitar. Skripsi UIN SATU Tulungagung.
Ambarwati, Tri. 2020. Hasil Belajar IPA Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Universitas Flores.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.
Arikunto, Suharsimi. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51-55.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hani'ah, M. (2018). Panduan Terlengkap PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). LAKSANA.
Hasgimianti, H., Nirwana, H., & Daharnis, D. (2017). Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar Siswa yang Berlatar Belakang Melayu dan Jawa. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 130-143.
Indarwati. (2017). Korelasi Antara Gaya Mengajar Dengan Keterampilan Mengajar Guru Nonkualifikasi Akademik Pendidikan Fisika SMP/ MTs Se-Kecamatan Bajeng. Makassar: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Khumaidah, Siti. (2017). Pengaruh Motivasi, Kebiasaan Belajar, Sarana Belajar dan Gaya Mengajar Guru Pada Prestasi Hasil Belajar Siswa MA Manbail Futuh Jenu Tahun Pelajaran 2017/2018. Tuban : Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Lubis, Ahmad Fauzi. (2017). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Medan: Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
Mulyasa, E. (2014). Guru dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmatullah, A. S., & Chaer, M. T. (2022). Efektivitas Gaya Mengajar Interaksional Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 1 Tegal. Kariman: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 10(1), 25-38.
Riduwan, E. A. K., & Achmad, E. (2007). Cara menggunakan dan memaknai analisis jalur (path analysis). Penerbit: Alfabeta. Bandung.
Sands, D. C., Morris, C. E., Dratz, E. A., & Pilgeram, A. L. (2009). Elevating optimal human nutrition to a central goal of plant breeding and production of plant-based foods. Plant Science, 177(5), 377-389.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-30.
Setiyaningsih, Suhelin. 2020. Hubungan Variasi Mengajar guru Dan motivasi Belajar siswa Dengan Hasil Belajar Matematika. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Siregar, Sofiyan. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Slameto, S. (2017). Peningkatan kinerja guru melalui pelatihan beserta faktor penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 38-47.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. (2016). Profil penilaian hasil belajar siswa berdasarkan kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39-55.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunaryati, Selly. (2018). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik, Instalasi Tenaga Listrik, Instalasi Motor Listrik Siswa Kelas XII TITL 1 SMK Negeri 5 Jakarta. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Tauhidah, Bachtiar. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa MTs Sultan Hasanuddin. STKIPYAPTI Jenoponto.
Vianesa, Sucia. 2016. Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Widyaningtyas, Titin. 2014. Hubungan Persepsi Siswa Tentang gaya Mengajar Guru Dengan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas XII Program Keahlian Jasa Boga SMK 6 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anjar Rahmawati, Septi Budi Sartika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.