An Alternative to Measure Student’s Analytical Thinking Skills: A Validity Test for Android-Based Audio-Visual Learning Media Design

Authors

  •   Rana Laily   Universitas Negeri Yogyakarta
  •   Al Aina Mahfudhah   Universitas Negeri Yogyakarta
  •   Bayu Setiaji   Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v3i1.57

  Keywords:

Desain aplikasi, pemantulan cahaya, Media audio visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain aplikasi berbasis android pada materi optika pemantulan cahaya yang layak sehingga dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Namun, pada prosedur pengembangan penelitian ini, peneliti hanya membatasi sampai tahap Development saja. Produk hasil penelitian berupa design pembelajaran optika pemantulan cahaya dinilai oleh responden melalui angket. Kelayakan desain pembelajaran optika pemantulan cahaya mengunakan SBi (Standar Baku Ideal). Hasil penelitian menunjukkan desain pembelajaran optika pemantulan cahaya yang dihasilkan berdasarkan penilaian responden. memiliki nilai kelayakan keseluruhan aspek rata-rata sebesar 3,54 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan kriteria penilaian yang digunakan, jika nilai rata-rata seluruh aspek lebih dari atau sama dengan 3,5 maka desain aplikasi memiliki kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa design aplikasi pembelajaran materi optika pemantulan cahaya berbasis android dengan penyajian media audio-visual layak digunakan sebagai salah satu media dalam kegiatan pembelajaran.

References

Cukurova, M., Avramides, K., Spikol, D., Luckin, R., & Mavrikis, M. (2016). An analysis framework for collaborative problem solving in practice-based learning activities: A mixed-method approach. ACM International Conference Proceeding Series, 25-29-Apri(April 2019), 84–88. https://doi.org/10.1145/2883851.2883900

DE SOUSA, L., RICHTER, B., & NEL, C. (2017). The effect of multimedia use on the teaching and learning of Social Sciences at tertiary level: a case study. Yesterday and Today, 17, 1–22. https://doi.org/10.17159/2223-0386/2017/n17a1

Djemari, M. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika.

Dwiyantoro, Puji. (2011). Fisika itu Mudah & Menyenangkan. Depok: Cerdas Interaktif.

Elvina, D., & Dewi, I. P. (2020). Analisis Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android Dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 8(3), 18. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i3.109462

Faresta, R. A., Kosim, & Gunawan. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Konflik Kognitif. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1(3), 88–95.

Habibah, S. (2020). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran. Kompasiana, 1. https://www.kompasiana.com/sihaasiaherman/5e9426af097f36097871e462/penggunaan-media-audio-visual-dalam-pembelajaran

Hegde, B., & Meera, B. N. (2012). How do they solve it? An insight into the learner’s approach to the mechanism of physics problem solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.010109

Jannah, M., Husna, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan Aplikasi Android dengan Cepat Menggunakan Ispring untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.8

JUWITA EVA DISTYASA, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Simulasi Pada Mata Pelajaran Perkaitan Komputer Untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya. It-Edu, 1(01).

Kapi Kahbi, A. Y., Osman, N., Ramli, R. Z., & Taib, J. M. (2017). Multimedia education tools for effective teaching and learning. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering, 9(2–8), 143–146.

Karsih, K., Wijaya, A. F. C., Siahaan, P., & Rusnayati, H. (2019). Desain Didaktis Pada Materi Optika Geometri Berdasarkan Hambatan Belajar Siswa Sma Kelas Xi. VIII, SNF2019-PE-115–122. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.15

Manurung, S. R., & Panggabean, D. D. (2020). Improving students’ thinking ability in physics using interactive multimedia based problem solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.28205

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139

Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Sari, R. Y. A. (2007). Peningkatan Pemahaman Materi Lensa Cermin pada Mata Pelajaran Fisika dengan Menggunakan Strategi Belajar CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Makalah PPM, 2–17.

Sasahan, E. Y., Oktova, R., & I.R.N., O. O. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Ispring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 52. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16364

Savitri, F., Sabrina, A., & Tuahuns, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Alat Optik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 122–127. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i2.5483

Tang, D. K. H., & Intai, R. (2018). Effectiveness of Audio-Visual Aids in Teaching Lower Secondary Science in A Rural Secondary School. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 32(January), 91–106. https://doi.org/10.21315/apjee2017.32.7

Thim-Mabrey, C. (2006). Sprachwandel in übersetzungsbearbeitungen zwischen 1846 und 1999. Neuphilologische Mitteilungen, 107(3), 361–373.

Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Rana Laily, Mahfudhah, A. A., & Setiaji, B. . (2022). An Alternative to Measure Student’s Analytical Thinking Skills: A Validity Test for Android-Based Audio-Visual Learning Media Design. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.35719/vektor.v3i1.57