An Alternative to Measure Student’s Analytical Thinking Skills: A Validity Test for Android-Based Audio-Visual Learning Media Design

DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v3i1.57Keywords:
Desain aplikasi, pemantulan cahaya, Media audio visualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain aplikasi berbasis android pada materi optika pemantulan cahaya yang layak sehingga dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Namun, pada prosedur pengembangan penelitian ini, peneliti hanya membatasi sampai tahap Development saja. Produk hasil penelitian berupa design pembelajaran optika pemantulan cahaya dinilai oleh responden melalui angket. Kelayakan desain pembelajaran optika pemantulan cahaya mengunakan SBi (Standar Baku Ideal). Hasil penelitian menunjukkan desain pembelajaran optika pemantulan cahaya yang dihasilkan berdasarkan penilaian responden. memiliki nilai kelayakan keseluruhan aspek rata-rata sebesar 3,54 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan kriteria penilaian yang digunakan, jika nilai rata-rata seluruh aspek lebih dari atau sama dengan 3,5 maka desain aplikasi memiliki kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa design aplikasi pembelajaran materi optika pemantulan cahaya berbasis android dengan penyajian media audio-visual layak digunakan sebagai salah satu media dalam kegiatan pembelajaran.
References
Cukurova, M., Avramides, K., Spikol, D., Luckin, R., & Mavrikis, M. (2016). An analysis framework for collaborative problem solving in practice-based learning activities: A mixed-method approach. ACM International Conference Proceeding Series, 25-29-Apri(April 2019), 84–88. https://doi.org/10.1145/2883851.2883900
DE SOUSA, L., RICHTER, B., & NEL, C. (2017). The effect of multimedia use on the teaching and learning of Social Sciences at tertiary level: a case study. Yesterday and Today, 17, 1–22. https://doi.org/10.17159/2223-0386/2017/n17a1
Djemari, M. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika.
Dwiyantoro, Puji. (2011). Fisika itu Mudah & Menyenangkan. Depok: Cerdas Interaktif.
Elvina, D., & Dewi, I. P. (2020). Analisis Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android Dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 8(3), 18. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i3.109462
Faresta, R. A., Kosim, & Gunawan. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Konflik Kognitif. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1(3), 88–95.
Habibah, S. (2020). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran. Kompasiana, 1. https://www.kompasiana.com/sihaasiaherman/5e9426af097f36097871e462/penggunaan-media-audio-visual-dalam-pembelajaran
Hegde, B., & Meera, B. N. (2012). How do they solve it? An insight into the learner’s approach to the mechanism of physics problem solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.010109
Jannah, M., Husna, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan Aplikasi Android dengan Cepat Menggunakan Ispring untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.8
JUWITA EVA DISTYASA, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Simulasi Pada Mata Pelajaran Perkaitan Komputer Untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya. It-Edu, 1(01).
Kapi Kahbi, A. Y., Osman, N., Ramli, R. Z., & Taib, J. M. (2017). Multimedia education tools for effective teaching and learning. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering, 9(2–8), 143–146.
Karsih, K., Wijaya, A. F. C., Siahaan, P., & Rusnayati, H. (2019). Desain Didaktis Pada Materi Optika Geometri Berdasarkan Hambatan Belajar Siswa Sma Kelas Xi. VIII, SNF2019-PE-115–122. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.15
Manurung, S. R., & Panggabean, D. D. (2020). Improving students’ thinking ability in physics using interactive multimedia based problem solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.28205
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.
Sari, R. Y. A. (2007). Peningkatan Pemahaman Materi Lensa Cermin pada Mata Pelajaran Fisika dengan Menggunakan Strategi Belajar CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Makalah PPM, 2–17.
Sasahan, E. Y., Oktova, R., & I.R.N., O. O. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Ispring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 52. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16364
Savitri, F., Sabrina, A., & Tuahuns, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Alat Optik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 122–127. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i2.5483
Tang, D. K. H., & Intai, R. (2018). Effectiveness of Audio-Visual Aids in Teaching Lower Secondary Science in A Rural Secondary School. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 32(January), 91–106. https://doi.org/10.21315/apjee2017.32.7
Thim-Mabrey, C. (2006). Sprachwandel in übersetzungsbearbeitungen zwischen 1846 und 1999. Neuphilologische Mitteilungen, 107(3), 361–373.
Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rana Laily, Al Aina Mahfudhah, Bayu Setiaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.