Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar

DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.35Keywords:
#inkuiriTerbimbing, IPA, Mata Pelajaran, Sekolah Dasar, Pendidikan, Pembelajaran, Guided Inquiry, Science, Subjects, Elementary SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar.pada penelitian sebelumnya dengan membandingkan hasil inkuiri terbimbing dan inkuiri terstruktur, serta membandingkan penggunaan Strategi Pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA SD dan penerapan inkuiri pada mata pelajaran ilmu yang lain di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inkuiri terbimbing menunjukkan hasil yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Siswa lebih memahami pembelajaran dengan metode inkuiri dibandingkan dengan metode konvensional. Perbandingan hasil penelitian sebelumnya, menunjukkan penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran jauh lebih baik dibandingkan mata pelajaran lainnya. Karena mata pelajaran IPA SD membutuhkan lebih banyak eksperimen dan latihan berdasarkan pengalaman pribadiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar.pada penelitian sebelumnya dengan membandingkan hasil inkuiri terbimbing dan inkuiri terstruktur, serta membandingkan penggunaan Strategi Pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA SD dan penerapan inkuiri pada mata pelajaran ilmu yang lain di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inkuiri terbimbing menunjukkan hasil yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Siswa lebih memahami pembelajaran dengan metode inkuiri dibandingkan dengan metode konvensional. Perbandingan hasil penelitian sebelumnya, menunjukkan penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran jauh lebih baik dibandingkan mata pelajaran lainnya. Karena mata pelajaran IPA SD membutuhkan lebih banyak eksperimen dan latihan berdasarkan pengalaman pribadi.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, IPA, Mata Pelajaran, Sekolah Dasar.
This study aims to find out how the use of Guided Inquiry Learning Strategies for Science Learning in Elementary School Education others in elementary school. The method used is descriptive qualitative method. The results showed that guided inquiry showed significant results on student learning outcomes. Students better understand learning with the inquiry method compared to conventional methods. Comparison of the results of previous studies, shows the application of the method of inquiry to subjects is much better than other subjects. Because elementary science subjects require more experimentation and practice based on personal experience.
Keywords: Guided Inquiry, Science, Subjects, Elementary School
References
Annisa, N., & Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya Di Kelas IV Sd Negeri 101776 Sampali. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 217–229. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199
Anwar. (2015). Pengertian, Langkah-langkah, Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Inkuiri. Retrieved from anwar-math.blogspot.com website: https://anwar-math.blogspot.com/2015/01/pengertian-langkah-langkah- kelebihan_21.html?m=1
Baruga, D. D. I., & Majene, K. A. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terintegrasi Ayat-Ayat Al- Qur ’ an Terhadap Minat Belajar Fisika Kelas X Ma Nurlina D.
Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1901
Evi Nalisa, et al. (n.d.). Pengaruh Metode Inquiry Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Murid Dalam Pembelajaran IPA. 2018, 1–10.
Fisika, J. P., & Pendidikan, U. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kinerja Ilmiah. 8(3), 25–41.
Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.
Han, E. S. et al. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Handayani, N. N. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Ipa Kelas V Sd Gugus Viii Kecamatan Abang. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 124383.
Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 210. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.261
Harnum, Y. P. (2016). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Sistem Peredaran Darah. Institutional Repositories & Scientific Journal, 16–50.
Hartati, T. A. W., Corebima, A. D., & Suwono, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dan Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Kemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 22–30.
kemdikbud. (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Retrieved from kemdikbud.go.id website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa- indonesia-mengalami-peningkatan
Khoirul Arief, M. (2015). Penerapan Levels of Inquiry Pada Pembelajaran Ipa Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Edusentris, 2(2), 166. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i2.169
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan Metode Inquiry Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Penggolongan Hewan Di Kelas Iv Sd Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 142–153. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.34708
Lahadisi. (2014). Inkuiri : Sebuah Strategi Menuju Pembelajaran Bermakna. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 85–98.
Lia Saptini. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3).
Maslinda. (2015). Penerapan Metode Inkuiri untuk Materi Pengembangan Diri (PKN) pada Siswa Kelas V SD Negeri 26 Manggalo Kecamatan Koto XI Tarusan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 55–61. Retrieved from http://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/165/142
Multisitus, S., Negeri, M. I., Sumbermanjing, D., Miftahul, M., & Kabupaten, H. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing ( Guided Inquiry ) pada PembelajaranIPA.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. 10–40.
Nana Hendracipta, et al. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing di Sekolah. JPSD, 53(9), 1689–1699.
Nurdyansyah, M. P., & Eni Fahriyarul Wahyuni, M. P. . (2016). Inovasi Model Pmebelajaran Sesuai Kurikulum 2013.
Nurfasiah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 0–10.
Nursamsiah. (2017). Penerapan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 168432 Tebing Tinggi.
Saniah, S., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas , Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Bionature, 17(1), 41–47.
Ulun, A. G. (2020). Konsep ‘Sabar’ Di Merdeka Belajar Era New Normal. Retrieved from disdikkbb.org website: http://disdikkbb.org/news/konsep-sabar-di-merdeka-belajar- era-new-normal/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.