Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII

Authors

  •   Fika Nur Rehana Zulfa   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Hestika Masruroh   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Mohammad Wildan Habibi   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v3i1.22

  Keywords:

Media Pembelajaran, Pop Up Book, Audio, Klasifikasi

Abstract

Abstrak. Pop Up Book adalah buku yang memiliki bagian bergerak atau berunsur tiga dimensi yang memberikan kejutan-kejutan dalam setiap halamannya ketika dibuka. Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book yang dikembangkan ditambahkan audio agar lebih menarik dan lebih interaktif, serta siswa lebih bersemangat ketika pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui validitas media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP/MTs kelas VII 2) Mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP/MTs kelas VII.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Produk diujicobakan kepada 6 siswa untuk uji coba skala kecil dan 28 siswa untuk uji coba skala besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs-PSA Sunan Kalijogo. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis numerik (kuantitatif) dan deskriptif (kualitatif). Hasil penelitian berupa: 1) media pembelajaran Pop Up Book berbasis audio dari ahli materi, ahli media dan guru IPA SMP/MTs mendapatkan presentase sebesar 90,1% termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil kepada 6 siswa mendapatkan presentase sebesar 93,1% termasuk dalam kategori sangat menarik. Selanjutnya dari hasil uji coba skala besar yang diujicoba kepada 28 siswa mendapatkan presentase 91% termasuk dalam kategori sangat menarik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pop Up Book, Audio, Klasifikasi

References

Akbar, S. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Alit Ayu Dewintari. “Sekilas tentang Pop-Up, Lift the Flap, dan Movable Book.” DGI, 18 Mei 2019. http://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan-movable-book.html.

Baiduri, Marhan Taufik, Lutfita Elfiani, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di SMP,” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8, no. 1 (2019): 248-261.

Devi, Anggit Shita, Siti Maisaroh. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-up Wayang Tokoh Pandawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD.” Jurnal PGSD Indonesia 3, no. 2 (2017): 1-16.

Husamah, et. al. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Pres, 2018.

Mahayani, Septi, et. al. “Kotak Pop Up Berbasis Problem Solving Pengembangan Media Pmbelajaran Pada Materi Cahaya dan Alat-alat Optik Untuk Kelas VIII SMP.” Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 9, no.2 (2018): 98-108.

Rasyid, A. N., Amaliyah, S., & Nurlaili, A. I. (2020). Kajian Kritis Penggunaan Aplikasi Tele-Conference Zoom dalam Perkuliahan Online Selama Masa Tanggap COVID-19. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 89-102.

Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no.2 (2018): 103-114.

Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta CV, 2019.

Ukhtinasari, Febri, et. al. “Pop-up Sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Alat-Alat Optik untuk Siswa Sekolah Menengah Atas.” Unnes Physics Education Journal 6, no.2 (2017): 1-6.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Zulfa, F. N. R., Masruroh, H., & Habibi, M. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.35719/vektor.v3i1.22