Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII

DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v3i1.22Keywords:
Media Pembelajaran, Pop Up Book, Audio, KlasifikasiAbstract
Abstrak. Pop Up Book adalah buku yang memiliki bagian bergerak atau berunsur tiga dimensi yang memberikan kejutan-kejutan dalam setiap halamannya ketika dibuka. Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book yang dikembangkan ditambahkan audio agar lebih menarik dan lebih interaktif, serta siswa lebih bersemangat ketika pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui validitas media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP/MTs kelas VII 2) Mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP/MTs kelas VII.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Produk diujicobakan kepada 6 siswa untuk uji coba skala kecil dan 28 siswa untuk uji coba skala besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs-PSA Sunan Kalijogo. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis numerik (kuantitatif) dan deskriptif (kualitatif). Hasil penelitian berupa: 1) media pembelajaran Pop Up Book berbasis audio dari ahli materi, ahli media dan guru IPA SMP/MTs mendapatkan presentase sebesar 90,1% termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil kepada 6 siswa mendapatkan presentase sebesar 93,1% termasuk dalam kategori sangat menarik. Selanjutnya dari hasil uji coba skala besar yang diujicoba kepada 28 siswa mendapatkan presentase 91% termasuk dalam kategori sangat menarik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pop Up Book, Audio, Klasifikasi
References
Akbar, S. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Alit Ayu Dewintari. “Sekilas tentang Pop-Up, Lift the Flap, dan Movable Book.” DGI, 18 Mei 2019. http://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan-movable-book.html.
Baiduri, Marhan Taufik, Lutfita Elfiani, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di SMP,” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8, no. 1 (2019): 248-261.
Devi, Anggit Shita, Siti Maisaroh. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-up Wayang Tokoh Pandawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD.” Jurnal PGSD Indonesia 3, no. 2 (2017): 1-16.
Husamah, et. al. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Pres, 2018.
Mahayani, Septi, et. al. “Kotak Pop Up Berbasis Problem Solving Pengembangan Media Pmbelajaran Pada Materi Cahaya dan Alat-alat Optik Untuk Kelas VIII SMP.” Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 9, no.2 (2018): 98-108.
Rasyid, A. N., Amaliyah, S., & Nurlaili, A. I. (2020). Kajian Kritis Penggunaan Aplikasi Tele-Conference Zoom dalam Perkuliahan Online Selama Masa Tanggap COVID-19. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 89-102.
Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no.2 (2018): 103-114.
Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta CV, 2019.
Ukhtinasari, Febri, et. al. “Pop-up Sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Alat-Alat Optik untuk Siswa Sekolah Menengah Atas.” Unnes Physics Education Journal 6, no.2 (2017): 1-6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fika Nur Rehana Zulfa, Hestika Masruroh, Mohammad Wildan Habibi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.