ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 1 HADIWARNO

Authors

  •   Wulan Trisnawaty   STKIP PGRI Pacitan
  •   Ykka Syesarya Anjarwati   STKIP PGRI Pacitan
  •   Lina Erviana   STKIP PGRI Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v5i02.151

  Keywords:

Belajar, , Hambatan, IPAS, Jenis, Kesulitan., Difficulties, IPAS, Learning, Obstacles, Types.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam penerapan kurikulum merdeka pada materi keberagaman budaya di kelas IV SDN 1 Hadiwarno. Penelitian kualitatif ini melibatkan 3 siswa yang dipilih secara random sampling. Data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek RFP mengalami kesulitan simbolik, non simbolik, dan sosial emosional; subjek RPP menghadapi kesulitan akademik, simbolik, non simbolik, serta sosial emosional; sedangkan subjek ASP memiliki kesulitan serupa.

Kata Kunci : Belajar, Hambatan, IPAS, Jenis, Kesulitan.

This research aims to identify students' learning difficulties in implementing the independent curriculum on cultural diversity material in class IV at SDN 1 Hadiwarno. This qualitative research involved 3 students selected by random sampling. Data was obtained through observation, questionnaires, interviews, documentation, and analyzed using the Miles and Huberman model. The research results showed that RFP subjects experienced symbolic, non-symbolic and social emotional difficulties; RPP subjects face academic, symbolic, non-symbolic and social emotional difficulties; while ASP subjects had similar difficulties.

Keywords : Difficulties, IPAS, Learning, Obstacles, Types.

References

Apriliani Yunisatizzahroh. 2023. Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 1 Mantingan Kabupaten Jepara.Journal of Multidisciplinary. Volume 1, Nomor 4, halaman 1227-1233. https://journal.csspublishing/index.php/ijm

Avita Damayanti. 2022. Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas 3 B Sekolah Dasar Negeri 1 Bebalang. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka,Volume 4, Nomor 2, halaman 14. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.126

Aina, Dela Khoirul. 2020. Merdeka Belajar dalam Pandangan Khi Hajar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, halaman 95-101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Astri Nur Fifani & Fadriati Safrizal. 2023. Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Kota Batusangkar. Jurnal Pendas Mahakam. Volume 8, Nomor 1.

All Habsy Bakhrudin (et al). 2023. Handling Academic Learning Dificulties. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. Volume 4, Nomor 1. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2166

All Habsy Bakhrudin (et al). 2024. Academic Learning Difficulties in The Learning Process. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. Volume 4, Nomor 1. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2166

All Habsy Bakhrudin (et al). 2024. Identification of Academic Learning Difficulties. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. Volume 4, Nomor 2. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2347

Bodedarsyah Ani &Yulianti Rita. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok A (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. Jurnal Ceria. Volume 2, Nomor 6.

Dewi Karisma Puspasari. 2018. Teknik Modelling Simbolik dan Reinforcement Positif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Intellectual Disability. Jurnal Procedia. Volume 6, Nomor 2. https://doi.org/10.22219/procedia.v6i2.12641

Fauziah Ismi (et al).2020. Analisis Gangguan Psikososial Dan Emosional AUD di Ra Nurul Iman Medan Belawan Selama Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Kumara Cendekia. Volume 8, Nomor 3.

Lestari Diah , Asbari Masduki, Erma Eka Yani. Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan. Journal of Information System and Management. Volume 02, Nomor 05.

Latifah Siti. 2017. Dampak Kesulitan Belajar Menulis Pada Aspek Sosial Emosi Siswa Kelas 2 di SD Muhammadiyah Bodon, Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika. Volume 6, Nomor 6.

Murdini. 2016. Karakteristik Peserta Didik. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bahasa, halaman 15.

Rahmadayanti Dewi & Hartoyo Agung. 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 6, Nomor 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rosita Ila, Nyoman Karma I, Husniati. 2022. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Ketapang Raya. Journal of Classroom Action Research. Volume4, Nomor 3. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1886

Sri Nuryani. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, Volume 4, Nomor 2.

Umar, Widodo Arif. 2022. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran. Jurnal Education. Volume 8, Nomor 2. https://doi.org/10.31949/education.v8i2.2131

Wijayanti Yusion. 2022. Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Pondok Pesantren Menggunakan Modul Ajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, Volume 3, Nomor 2.

Zakso Amrazi. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora. Volume 13, Nomor 2. https://doi.org/10.2618/j-psh.v13i2.65142

Gumay, O. P. U. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Gerak. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 58–69. https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i1.1239

Kustiarini, F. T., Susanti VH, E., & Saputro, A. N. C. (2019). Penggunaan Tes Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Larutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 171. https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i2.25236

Maliada, et al. (2020). ANALISIS MISKONSEPSI PADA MATA PELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 10(1). 84-89. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1512/1/012029

Mauliddiyah, N. L. (2021). Analisis Miskonsepsi Materi Gaya dan Gerak di MI Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir Purwodadi.

Mutsvangwa, A. (2020). A study of student teachers’ misconceptions on uniform circular motion. Journal of Physics: Conference Series, 1512(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1512/1/012029

Nurharini, F., Muaziyah, S. E. S., & Shidqiyyah, N. (2024). Implementation of Educational Innovations in Student Management, Facilities, Curriculum, and Public Relations in Integrated Science-Social Studies Learning at MI Al-Islamiyah Bangil: A Case Study. Equator Science Journal, 2(3), 149–154. https://doi.org/10.61142/esj.v2i3.160

Putri, et al. (2020). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GERAK LURUS. Media Ekskta, 16(1), 6–10. https://dx.doi.org/10.22487/me.v16i1.725

Rizki Halimah Nasution, Tommy Tanu Wijaya, M. Jaya Adi Putra, & Neni Hermita. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa SD pada Materi Gaya dan Gerak. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 11–21.

Rokhim, D. A., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2023). Analisis Miskonsepsi Kimia dan Instrumen Diagnosisnya: Literatur Review. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 17–28. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.34245

Safriana, S., & Irfan, A. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Pada Materi Gerak Dan Gaya. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(2), 13–22. https://doi.org/10.47887/amd.v2i2.33

Şenyiğit, Ç., & Yüzüncü, V. (2021). the Effect of Problem-Based Learning on Pre-Service Primary School Teachers’ Conceptual Understanding and Misconceptions. International Online Journal of Primary Education (IOJPE), 10(1), 50–72. www.iojpe.org

Sila, et al. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Hukum Newton Menggunakan Wawancara Klinis Di Smpn 1 Kelam Permai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 13(1). 163-171. 13, 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v13i5.71246

Soeharto, S., & Csapó, B. (2022). Exploring Indonesian student misconceptions in science concepts. Heliyon, 8(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10720

Tenzin, K. (2024). Conceptual Coherence and Dominant Misconceptions in the Concept of Force among Higher Education Students through the Administration of the Force Concept Inventory. 22(10), 35–50.

Wiyono, F. M., Sugiyanto, & Yulianti, E. (2016). Identifikasi Hasil Analisis Miskonsepsi Gerak Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier Pada Siswa SMP Identification of Motion Misconceptions Analysis Result By Using Three Tier Diagnostic Instruments Among Students on Junior High School. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 06(02), 61–69. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Trisnawaty, W., Anjarwati, Y. S., & Erviana, L. . (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 1 HADIWARNO. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 5(02), 15–20. https://doi.org/10.35719/vektor.v5i02.151