PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KALOR KELAS VII SMP

Authors

  •   Mochammad Ricky Rifai   Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Jember, Jember, Indonesia
  •   Sudarti Sudarti   Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Jember, Jember, Indonesia
  •   Rif'ati Dina Handayani   Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Jember, Jember, Indonesia
  •   Muhammad Jamhari   Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah, Indonesia
  •   Haeruddin Haeruddin   Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v5i01.123

  Keywords:

Hasil Belajar, Kalor, Model STAD, Wordwall, Heat, Learning Outcomes, STAD Model, Wordwall

Abstract

Abad ke-21 mewajibkan siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar dan inovasi. Terkait hal itu, guru harus dibekali dengan keterampilan mengajar yang kreatif, seperti  model pembelajaran yang inovatif dan penggunaan media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa materi kalor kelas VII SMP. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-C sebagai kelas ekperimen dan VII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran student teams achievement division (STAD) dengan berbantuan wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Kunir. Hal itu sesuai dengan nilai rata-rata post test kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berturut-turut yaitu 83,13 dan 80. Melihat nilai post test tersebut kelas ekperimen lebih tinggi nilainya daripada kelas kontrol. Dikonfirmasi juga terkait hasil uji independent t-test yaitu nilai signifikansi 2-tailed berturut-turut 0,021 dan 0,023 kurang dari 0,05. Hal itu menandakan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya ada pengaruh terkait guru menggunakan model pembelajaran STAD berbentuan media wordwall terhasil belajar siswa. 

Kata Kunci: hasil belajar, kalor, model STAD, wordwall

References

Abrori, A. N., & Sumadi, C. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 296–315. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2385

Adlini, M. N., Islam, U., Sumatera, N., & Medan, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPA SMP PAB 10 Medan Estate. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 610–620.

Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 4(2), 1653–1660. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=62924&val=4564

Ariningsih, N. L. T., Fitriani, H., & Safnowandi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Educatoria: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(4), 248–261.

Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41

Darmawati, Nawir, M., & Quraisy, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Media Animasi terhadap Motivasi Belajar IPS Murid Kelas V SD Inpres Tattakang. Indonesian Journal of Primary Education, 6(1), 1–8.

Hazami, M. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) Terhadap Hasil Pembelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Di Kelas V Sdn 05 Meruya Utara. (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Ifa, H., Astutik, S., Apriyanto, B., Mujib, M. A., & Kurnianto, F. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 88. https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.39152

Karma, I. W., Suma, K., & Astawan, I. G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berseting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 356–364. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61027

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487

Marheni, N. K., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 351. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27414

Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143.

Ristiana, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2548–6950.

Rodliyah, A., & Nuruddin, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Students Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumbertebu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 18–24.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.

Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767

Utami, P., Basri, W., & Aisiah, A. (2019). Pengaruh Model STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. PAKAR Pendidikan, 17(1), 13–25. https://doi.org/10.24036/pakar.v17i1.6

Wahyuni, L., & Febriani, E. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Kubung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.102

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302

Downloads

Published

2025-02-13

How to Cite

Rifai, M. R., Sudarti, S., Handayani, R. D., Jamhari, M., & Haeruddin, H. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KALOR KELAS VII SMP. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.35719/vektor.v5i01.123