PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI SMAN MUMBULSARI

DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v5i1.105Keywords:
Problem Based Learning, Experiential Learning, Minat BelajarAbstract
Minat merupakan dasar penting yang bisa memberikan dorongan pada diri peserta didik untuk belajar. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa keaktifan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran kurang serta peserta didik kurang mampu dalam mengembangkan kegiatan proses dalam kelas serta berdampak pada hasil belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan di SMAN Mumbulsari kelas X-2 yang terdiri dari 35 siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki permasalahan rendahnya minat belajar siswa. Tahap PTK ini terdiri dari plan, act, observe, dan reflect. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Jenis data kualitatif terdiri dari hasil wawancara tidak terstruktur dengan guru dan hasil pengamatan observer selama penelitian berlangsung. Jenis data kuantitatif terdiri dari angket minat belajar peserta didik yang dikumpulkan secara online melalui Google Form. Minat belajar siswa meningkat pada siklus 1 dan siklus 2, dengan persentase peningkatan rata-rata untuk setiap indikator, termasuk perasaan senang, perhatian, ketertarikan, dan partisipasi yaitu pada siklus 1, minat belajar meningkat sebesar 56% untuk kategori minat sedang, dan 78,4% untuk kategori minat tinggi.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Experiential Learning, Minat Belajar
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Y. K. (2016). Pembelajaran Berbasis Pengalaman ( Experiential Learning) untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Mahasiswa. E- Journal STKIP NU Indramayu, 7(3), 148–152.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Firmansyah, R. (2009). Mudah dan Aktif Belajar Biologi untuk SMA/MA (Ed.1,Cet.1). Bandung: Setia Purna Inves.
Ginanjar, L. A., & Cholik, M. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas Xi Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 04(01), 71–77.
Hadi, S., Risnita, & Anggraeni, E. (2020). Penerapan Model Experiential Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMPN Satu Atap 3 Tungkal Ulu. Edu-Sains, 9(2), 29–35.
Kemmis, S., & Mctaggart, R. (2007). Participatory Action Research: Communicative Action and the Public Sphere (pp. 2–271). Sage Publications Ltd.
Kholifah, S., Purwanti, S., & Purwanti, E. (2021). Upaya Peningkatan Pemahaman Dan Minat Belajar Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas 3 Sdn 9 Langkahan. Prosiding Pendidikan Profesi Guru.
Mann, L., Chang, R., Chandrasekaran, S., Coddington, A., Daniel, S., Cook, E., Crossin, E., Cosson, B., Turner, J., Mazzurco, A., Dohaney, J., O’Hanlon, T., Pickering, J., Walker, S., Maclean, F., & Smith, T. D. (2021). From problem-based learning to practice-based education: a framework for shaping future engineers. European Journal of Engineering Education, 46(1), 27–47. https://doi.org/10.1080/03043797.2019.1708867
Nurhidayati. (2016). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Peserta Didik Kelas Xi Di Sman 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. IAIN Raden Intan Lampung.
Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2013). Implementasi Model Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prisma Sains, 1(1), 79–87.
Purwanto, M. N. (2010). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sharlanova, V. (2004). Experiential Learning. Departement of information and Qualification of Teachers. Trakia Journal of Sciences, 2(4), 36–39.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nuril Azrina, Usman Ali, Masenah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.