THE INFLUENCE OF INTEGRATED INQUIRY LEARNING MODELS (SCIENCE AND THE QUR'AN) ON STUDENTS' COGNITIVE LEARNING OUTCOMES IN THE SUBJECT OF THE SOLAR SYSTEM

PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERINTEGRASI (SAINS DAN AL-QUR’AN) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN TATA SURYA

Authors

  • monika dwi anggita UINFAS Bengkulu
  • Topano A Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, UINFAS Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Febrini D Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, UINFAS Bengkulu, Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v5i1.103

Keywords:

Inquiry Learning, Integration, Science, Al-Qur'an, Cognitive Learning Outcomes, Solar System

Abstract

The background of this research is the lack of use of a variety of learning models, the teacher is only based on books, so the learning process mostly takes place only by using the lecture method, so students are not actively involved in learning. Science learning does not display the characteristics of the integration of Science and the Qur'an as conveyed in the 2013 curriculum. This study aims to determine whether there is an influence of the integrated inquiry learning model (science and the Qur'an) on students' cognitive learning outcomes on the subject of the Solar System. This type of research is quantitative research with a quasy experimental approach. The research design used was a control group pretest and posttest design. The population in the study were all Grade VIII students of SMPN 12 Bengkulu City, totaling 149 students. The sample in this study were 60 students consisting of 30 students in the control class (class VIII C) and 30 in the experimental class (class VIII D). Data collection techniques in this study used observation, interviews, test questions and documentation. Instrument multiple choice test questions which total 40 questions. The experimental class was given treatment in the form of an integrated inquiry learning model (science and the Koran) while the control class was given the usual treatment like normal learning. The results showed that there were differences in the cognitive learning outcomes of students in the experimental class and the control class with a posttest score of 82.08 > 75.08 and with a significance level (2 tailed) <0.05 with a value of 0.01. So there is the influence of students who use the integrated inquiry learning model (science and the Koran) on the cognitive learning outcomes of class VII students of SMPN 12 Bengkulu City.

Keywords: Inquiry Learning, Integration, Science, Al-Qur'an, Cognitive Learning Outcomes, Solar System

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurang adanya penggunaan variasi model pembelajaran, guru hanya berpatokan pada buku, jadi proses pembelajarannya kebanyakan berlangsung hanya dengan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajan. Pembelajaran IPA yang tidak menampilkan ciri khas dari integrasi IPA dan Al-qur’an seperti yang di sampaikan pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model inquiry learning terintegrasi (sains dan al-qur’an) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan Tata Surya. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan quasy eksperimen. Desain penelitian yang digunakan control group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ada seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Kota Bengkulu yang berjumlah 149 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas kontrol (kelas VIII C) dan 30 kelas eksperimen (kelas VIII D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, soal test dan dokumentasi. Instrument soal test pilihan ganda yang berjumlah 40 butir pertanyaan. Kelas ekpserimen diberikan perlakuan berupa model inquiry learning terintegrasi (sains dan al-qur’an) sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan biasa seperti pembelajaran yang biasa dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan skor posttest 82,08 > 75,08 dan dengan tingkat signifikansi (2 tailed) < 0,05 dengan nilai 0,01. Maka terdapat pengaruh siswa yang menggunakan model inquiry learning terintegrasi (sains dan Al-qur’an) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 12 Kota Bengkulu.

Kata Kunci: Inquiry Learning, Integrasi, Sains,  Al-qur’an, Hasil Belajar Kognitif, Tata Surya.

References

Afifah, G., Ayub, S., & Sahidu, H. (2020). Konsep Alam Semesta Dalam Perspektif Al-Quran dan Sains. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(1):5-10

Asyhari, A., & Asyhari, A. (2017). Literasi sains berbasis nilai-nilai islam dan budaya Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 137-148

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32

Asysyifa, D. S., Sopyan, A., & Masturi, M. (2017). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis komplementasi ayat-ayat sains Quran pada pokok bahasan sistem tata surya. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(1), 44-54

Al Imron, M., Sodikin, S., & Romlah, R. (2019). Meteor dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 388-398

Cicilia, Y., Vebrianto, R., & Zarkasih, Z. (2020). Analisis Pemahaman Guru Mi Tentang Alam Semesta Meluas Dalam Perspektif Islam Dan Sains. Jurnal Basicedu, 4(1), 110-116

Darwis, M., & Rantika, M. (2018). Konsep Integrasi Keilmuan dalam Perspektif Pemikiran Imam Suprayogo. Fitra, 4(1), 1-11

Dewi, M. M. (2022). Teori Kebenaran Berdasarkan Perspektif Filsafat dan Sains Islam. Journal of Social Research, 1(4), 254-260

Fahmi, I. R., & Rohman, M. A. A. (2021). Non-Dikotomi Ilmu: Integrasi-Interkoneksi Dalam Pendidikan Islam. AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN: 2745-4584), 1(2), 46-60

Faizah, S. N. (2022). Pengembangan modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains dengan pendekatan inkuiri di MI Salafiyah Kutukan Blora. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 114-123

Hamruni. 2012. Strategidan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan. Yogyakarta: Investidaya

Harahap, A. (2018). Integrasi materi pembelajaran kurikulum Al-Qur'an dan IPA di tingkat sekolah di Indonesia: langkah menuju kurikulum IPA berbasis Al-Qur'an. Jurnal Penelitian Bidang Keagamaan, 9(1), 21-43

Husna, A., Hasan, M., Mustafa, M., Syukri, M., & Yusrizal, Y. (2020). Pengembangan modul fisika berbasis integrasi Islam dan IPA pada materi gerak linier untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 8 (1), 55-66

Karpin, K., & Mahmudatussa'adah, A. (2018). Pendekatan PEembelajaran Sains Berbasis Pemahaman Al-qur’an Dalam Pembelajaran Kimia Makanan. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 7(1), 33-43

Khoiri, A., Agussuryani, Q., & Hartini, P. (2017). Penumbuhan karakter islami melalui pembelajaran fisika berbasis integrasi sains-islam. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 19-31

Khoiriyah, I. Z., Faizah, S. N., & Mubin, M. (2019). Efektivitas Metode Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Tema Energi dan Perubahannya. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 52-62

Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis serta habits of mind menggunakan model inquiry learning dan model creative problem solving. Mosharafa: jurnal pendidikan matematika, 10(1), 95-106

Oktavia, R. (2019). Bahan ajar berbasis science, technology, engineering, mathematics (stem) untuk mendukung pembelajaran ipa terpadu. Semesta: Journal of Science Education and Teaching, 2(1), 32-36

Pohan, N. (2017). Pelaksanaan pembimbingan belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 1(2), 15-28

Rahmawati, R. D., & Bakhtiar, N. (2019). Pembelajaran IPA berbasis integrasi Islam-sains pada pokok bahasan penciptaan alam semesta dan tata surya. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 195-212.

Ramadanti, E. C. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1053-1062

Sa'diyah, H., & Aini, S. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Pada Perkembangan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Professional Elementary Education (JPEE), 1(1), 73-80

Sari, F. F., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 1-7

Saputra, O. (2018). Revolusi dalam Perkembangan Astronomi: Hilangnya Pluto Dalam Keanggotaan Planet Pada Sistem Tata Surya. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(2), 71-74

Zhulfarani, A., Jati, A. A. E., Hermawan, F., Arfaiza, S. A., & Fajrussalam, H. (2022). Integrasi Sains Dan Agama Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 773-779

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

anggita, monika dwi, A, T., & D, F. (2024). THE INFLUENCE OF INTEGRATED INQUIRY LEARNING MODELS (SCIENCE AND THE QUR’AN) ON STUDENTS’ COGNITIVE LEARNING OUTCOMES IN THE SUBJECT OF THE SOLAR SYSTEM: PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERINTEGRASI (SAINS DAN AL-QUR’AN) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN TATA SURYA. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.35719/vektor.v5i1.103