PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN ABAD 21

Authors

  •   Laily Yunita Susanti   UIN KHAS Jember
  •   Rafiatul Hasanah   UIN KHAS Jember
  •   Laila Khusnah   UIN KHAS Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v4i02.96

  Keywords:

Media Pembelajaran, ICT, Abad 21

Abstract

Information and Comunication Technologies (ICT) merupakan seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi yang berkualitas. ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.Aspek Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Aspek teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Salah satu pemanfaatan ICT dapat digunakan dalam dunia pendidikan, yaitu dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang tersusun dari silabus, RPP, LKPD, instrument evaluasi, media pembelajaran serta buku ajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tingkat kevalidan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran interaktif berbasis ICT pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa SMP. (2) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran dan media pembelajaran interaktif berbasis ICT pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan tujuan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan yang dikembangkan oleh Robert Maribe Brach dengan lima (5) alur tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghasilkan produk berupa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis ICT secara spesifik berbentuk flip book yang mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah yaitu K-13 dan media pembelajaran berbasis ICT secara spesifik menggunakan software Aurora 3D Presentation.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, ICT, Abad 21

Information and Communication Technologies (ICT) are all technical tools for processing and conveying quality information. ICT covers two aspects, namely information technology and communication technology. Information technology aspects cover all matters relating to the process, use as a tool, manipulation, and management of information. The aspect of communication technology is everything related to the use of tools to process and transfer data from one device to another. One of the uses of ICT can be used in the world of education, namely by developing learning tools that are composed of syllabus, lesson plans, worksheets, evaluation instruments, learning media and student textbooks. The aims of this study were (1) to describe the level of validity of ICT-based interactive learning tools and learning media on Environmental Pollution material for junior high school students. (2) Describe students' responses to learning tools and ICT-based interactive learning media on Environmental Pollution material for junior high school students. The research method used in this study is Research and Development (R&D) with the aim of producing certain products, and testing the effectiveness of these products. The model used in this research and development is a development model developed by Robert Maribe Brach with five (5) flow stages namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The results of the research show that producing a product in the form of developing ICT-based learning tools specifically in the form of a flip book which refers to the applicable curriculum in schools, namely K-13 and ICT-based learning media specifically using the Aurora 3D Presentation software.

Keywords: Learning Media, ICT, 21st Century

References

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Kompetensi Guru) (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005), h. 24. Dalam skripsi Muhammad Rimando Gili Saka, Pengembangan MediaPembelajaran Audio Visual Berbasis Literasi Sains Dengan Menggunakan Software Camtasia Studio.(Lampung: Universitas Islam Negeri Lampung. 2019) 14.

Arnyana, I. B. P. 2007.” Pengembangan Peta Pikiran Untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No. 3.

Asih Widi Wisudawati dan Eka Sulistypwati, Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta:Bumi Aksara. 2017

Atep Sujana, Dasar-Dasar IPA: Konsep Dan Aplikasinya (Bandung, 2014), UPI Press.

Aurora3D Software, “Creative 3D Interactive Business Presentation Software (Mac & Windows): Aurora3D Software,” Aurora3D Software, diakses 14 Desember 2019, https://www.presentation-3d.com/products/presentation-3d.html.

A. Widiyatmoko and S.D. Pamelasari, “Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1, no. 1 (2012): 51–56.

Budi Santoso dan Yudha Anggana Agung, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aurora 3D pada Mata Pelajaran Rangkaian Elektronik di SMK Negeri 1 Nganjuk,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 6, no. 1 (2017): 47.

Evrida Eka Putri, “Pengembangan Media Berbasis 3D Aurora Presentation pada Tema Lingkungan Hidup Subtema Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Karang Besuki 3 Malang” (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016), 95.

Faizah, Ulifa Rahma, and Yuliezar Perwira Dara, Psikologi Pendidikan (Aplikasi Teori Di Indonesia) (Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press), 2017).

Ida Fitriyati, dkk, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama”, Vol. 1 No. 1, 2017, Hal. 1.

Isran Rasyid, Rohani, “Manfaat Media Dalam Pembelajaran“ Universitas Islam Negeri. Vol. VII. 1, Januari-Juni 2018.

Jakni, Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2016), 73. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas VII JIlid 1b, (Kemendikbud:2017). hlm 50.

Mastang, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem based Learning Kelas X MIA 1 SMA Muhammadiyah Limbung”, Skripsi (2017).

Muhammad Iqbal, “Pengembangan Multimedia Berbasiskan Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan Aurora 3D Presentation pada Pokok Bahasan Geometri untuk Kelas X SMA” (Artikel Ilmiah, Universitas Jambi, 2017), 4.

Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya: Bandung, 2013.

M. LukmanHakim dan Juhriansyah Dalle, “Aurora 3D Presentation dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMPN 24 Banjarmasin,” Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 2 (Juni, 2015): 106-107.

Muhammad Rimando Gili Saka, Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual BerbasisLiterasi Sains Dengan Menggunakan Software Camtasia Studio.(Lampung: Universitas Islam NegeriLampung. 2019) 14-15.

Muhammad Rohman dan Sofan Amri, Strategi dan Desain Pengembangan SistemPembelajaran (Jakarta: Pretasi Pustaka, 2013), hal. 217.

Molli Wahyuni and Nini Ariyani, Teori Belajar Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran

(Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020).

Nugroho, Nanang Budi. “Pengembangan RPP dan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Himpunan Untuk Siswa Kelas VII”.Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

Riri Okra and Yulia Novera, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMPN 3

Sa’dun Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013), 82. Salma Rozana, Dwi Septi Anjas Wulan, and Rini Hayati, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini,

Teori Dan Praktik (Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020).

Serafín, Č. dkk. 2014. “Inquiry-Based Instruction in The Context of Constructivism”. Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 186, pp. 592 – 599.

Sriarunrasmee, J., dkk. 2011. “Virtual Field Trip Learning Model with Inquiry learning and Critical Thinking process: Perspective from Science teachers Synthesis.” Global Conference on Learning and Technology.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017), 297. Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)(Bandung: Alfabeta, 2019), 38.

Softonic, “Aurora 3D Presentation,” Softonic, diakses 14 Desember 2019, https://aurora-3d- presentation.en.softonic.com/

Tim Penyusun, Pedoman Penulisan karya Ilmiah IAIN Jember (Jember: IAIN Jember Press, 2018), 73.

Trianto Ibnu Badar al-Tabany, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif danKontekstual: Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/ TKI) hal. 255-256

Vina Iasha et. al, “Development Media Interactive Learning in Education Pancasila and Citizenship Education to Improve Tolerance of Students in Elementary School,” JournalAdvances in Social Science, Education and Humanities Research 251(2018): 312.

Wanda Ika Wahyuni et. al, “Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Aurora 3 Dimension (3D) Presentation pada Pokok Bahasan Hidrokarbon untuk Kelas XI MIA SMA/MA,” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan3, no. 1 (2016): 3.

Yunus Abidin, Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013 (cet. III: Bandung: PT Refika Aditama, 2016), hal 289-290.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Susanti, L. Y., Hasanah, R., & Khusnah, L. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN ABAD 21. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 4(2), 1–26. https://doi.org/10.35719/vektor.v4i02.96