PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPBOOK MAKER PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN DI SMP 6 JEMBER

DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v4i01.88Keywords:
e-book, flipbook maker, IPA TerpaduAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon siswa terhadap e-book (flipbook maker) materi IPA terpadu sistem kehidupan pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Jember kelas VII SMP yang terdiri dari 32 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan. Terdiri dari beberapa tahap yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi, namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Pada tahap pengembangan kegiatan validasi melibatkan lima orang validator untuk menilai kevalidan materi, media dan uji produk untuk mengetahui respon siswa terhadap produk, dilakukan sebanyak dua kali yaitu uji coba produk kelompok kecil berjumlah 6 siswa dan uji coba kelompok besar. produk dari 32 siswa. Hasil validasi validator materi dan media diperoleh kriteria sangat valid dengan persentase validator materi 85,74% dan validator media 88,04%. Hasil pengujian respon siswa kelompok kecil dan besar diperoleh kriteria sangat menarik/sangat setuju dengan persentase skor kelompok kecil 90,44% dan kelompok besar 91,046%. Bahan ajar berupa e-book IPA terpadu (flipbook maker) materi energi dalam sistem kehidupan bagi siswa kelas VII SMP dapat digunakan dalam pembelajaran.
References
Akbar Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Andani Tri Dika, Muammar Yulian. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat”. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, Vol. 02, No.01. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh: 1-6.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta: Gava Media.
Denny Setiawan, et.al. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Juknis Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Hayati Sri. et.al. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015. Vol. IV. Jakarta: Universitas Jakarta: 1-6.
Kwartolo Yuli. 2010. Teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran”. Jurnal Pendidikan penabur No 14, tahun ke-9 : 15-43.
Mulyaningsih Nenden Neng. et.al. 2017. “Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker”, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. V. No. 1. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta: 25-32.
Rifqa Destiyana. 2016. “Pengembangan E-Modul IPA Terpadu Berbasis Flipbook Maker Tema Pencemaran Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII SMP/MTs”. Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sekretariat Negara RI. 2012. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Jakarta: Redaksi Sinar Grafika.
Sugianto Doni. et.al. 2013. “Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital”. INVOTEC. Volume IX. No.2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia: 101-116.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development/ R&D. Bandung: Alfabeta.
Pixyoriza. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving”. Lampung: Skripsi Universitas Raden Intan Lampung.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yohanes. et.al. “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa Sistem Gerak Manusia di SMP”. Artikel Ilmiah Tugas Akhir: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan. Pontianak: Universitas Tanjung Pura Pontianak :1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andi Suhardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.