PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART DILENGKAPI QUICK RESPONSE (QR) CODE PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI UMBULSARI JEMBER

DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v4i01.76Keywords:
Pengembangan, Media pembelajaran flipchart, QR code, VirusAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektivan media pembelajaran flipchart dilengkapi QR code pada materi virus untuk siswa kelas X SMA Negeri Umbulsari Jember. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp (2013) yang meliputi tiga tahapan yaitu Preliminary Research, Development or Prototyphing Phase, dan Asessment Phase. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Umbulsari Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket, dan tes. Hasil peneliitian menunjukan bahwa 1) hasil validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 94,7% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 94,5% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli bahasa memperoleh hasil presentase sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Untuk validasi guru biologi memperoleh nilai sebesar 91,6% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil kepraktisan memperoleh presentase sebesar 87,3% masuk kategori sagat positif. 3) Hasil uji efektivitas memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka media flipchart dilengkapi QR code terbukti efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Sehingga sapat disimpulkan bahwa media flipchart dilengkapi QR code valid, praktis, dan efektif digunakan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran flipchart, QR code, Virus
The purpose of this study was to describe the validity, practicality and effectiveness of flipchart learning media equipped with a QR code on virus material for class X students of SMA Negeri Umbulsari Jember. This type of research is Research and Development (R&D) with the development model Plomp (2013) which includes three stages, namely Preliminary Research, Development or Prototyphing Phase, and Assessment Phase. The population of this research is class X students of SMA Negeri Umbulsari Jember. Data collection techniques used are interviews, questionnaires, and tests. The results of the research show that 1) the results of the validation of material experts obtain an average percentage value of 94.7% with a very valid category. The results of the media expert validation obtained an average percentage value of 94.5% with very valid criteria. Linguist validation results obtained a percentage of 91% with a very valid category. For validation the biology teacher obtained a score of 91.6% in the very valid category. 2) The practical results obtained a percentage of 87.3% in the very positive category. 3) The results of the effectiveness test obtained a sig (2-tailed) value of 0.00 <0.05, then flipchart media equipped with a QR code proved to be effective as learning media. So it can be concluded that flipchart media equipped with a QR code is valid, practical, and effective for students to use in the learning process.
Keyword: Development, Flipchart, QR code, Virus
References
Akbar, Sa’dun. (2017) Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Chotib, Sjahidul Haq. (2018).Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Awwaliyah Jurnal PGMI. Vol 01. No. 02. 109-115.
Firmansyah Guntur dan Didik Hariyantono. (2019). “Penggunaan QR Code pada Dunia Pendidikan: Pengembangan Bahan Ajar”. Jurnal Sportif: Jurnal Penelitian Pembelajaran. Vol 05 No. 02. 2477-3379.
Harahap, Fatimah Dian Sari dan Yusuf Nasution. M. (2018). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Virus di Kelas X MIPA Negeri Rantau Selatan Tahun Pembelajaran 2017-2018”. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol 6 No 2. 2502-32217.
Muntamah Lilik, Khairul Yazid, dan Amanda Fahmi Ma’arif. (2022). “Validitas Media Edkasi the Fish Game untuk Pembelajaran Karakter Cinta Lingkungan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. Vol 03 No 02. 53-63.
Nisak, Nurul Zakiyatin. (2021). “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi untuk Siswa SMA ditinjau dari Tingkat Kesulitan Materi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kekatifan Belajar”. Biological Science and Education Jurnal. Vol 01 No. 02. 2774-6267.
Nurmalina. (2020). Literasi Media dalam Bahasan dan Sastra. Yogyakarta: CV. Bintang Surya Madani,
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadis, Syari’ah dan Tarbiyah. Vol 03. No. 01. 171-187.
Plomp, Tjeder dan N. Nieven. (2013). Education Design Reaserch – Purt A: An Intruction, Eshede: Netherands Institude For Curriculum Develompment (SLO).
Rahmadani Wahida. Fauziyah Harahap, dan Tumiur Gultom. (2017). “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SM Negeri Se-Kota Medan”. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 06. No. 02. 279-285.
Reski, Andi. (2018) Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Musamus Journal Science Education. Vol 01. No. 01.
Sastri Yen, Evi Suryawati, Mariani Natalina L. (2021). “Pemafaatan Media Flipchart untuk Penguatan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Pencernaan Lingkungan”. Jurnal Biogenesis. Vol. 17 No. 01. 1829-5460.
Supriyono. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream Jurnal Pendidikan. Vol 02. No. 1. 2614-4417.
Susanti, Rita. (2021). “Pengembagan Media Pembelajaran Flipchart pada Materi Kingdom Plantae di SMA Negeri 1 Miesjid Raya Aceh Besar”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Rainiry,
Wahyudi. (2018). “Pengembagan Media Pembelajaran Flipchart untuk Meingkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PI Materi Al Khulafa’ur Rasyidin Penerus Perjuangan Nabi Muhammad SAW Kelas VII di SMPN 2 Cerme di Kab. Gresik”. Skirpsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Wirdaningsih Sari, I Made Arwana, dan Azwir Anhar. (2017). “Pengembangan Perangkat Pemelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Massalah Peserta didik Kelas XI.” Jurnal JNPM. Vol. 01 No. 02. 275-289.
Yuliza, Vivin. (2018). “Pengembagan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Flipchart pada Peserta Didik SMP Kelas VII”. Skripsi, Universitas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Nur Rosyidah Putri, Heni Setyawati Heni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.