MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM TATA SURYA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO 3D ASTROLAB
DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v6i2.191Keywords:
Learning Outcomes, Media development, AstroLab 3D VideoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep abstrak dalam materi tata surya dengan menggunakan media pembelajaran 3D AstroLab . Penelitian ini melibatkan 28 siswa di MTs Sunan Gunung Jati dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasilnya menunjukkan bahwa media video 3D AstroLab memiliki validitas (96% dan 87%), validitas materi (74% dan 86%), serta reliabilitas data pretest dan posttest (69,4 dan 84,8). Penelitian ini juga menemukan perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest , serta penggunaan media 3D AstroLab dalam kategori "sedang" dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa.
Kata Kunci: hasil belajar, pengembangan media, video 3D dan astroLab
Dengan menggunakan sumber belajar 3D AstroLab, penelitian ini berupaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap ide-ide abstrak dalam konten tata surya. Sebanyak 28 siswa dari MTs Sunan Gunung Jati berpartisipasi dalam penelitian ini, yang menggunakan pendekatan pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video 3D AstroLab memiliki validitas materi (74% dan 86%), validitas (96% dan 87%), dan reliabilitas data (69,4 dan 84,8) baik untuk pretest maupun posttest. Perbedaan substansial antara data pretest dan posttest juga ditemukan dalam penelitian ini, yang menunjukkan pengalaman belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media 3D AstroLab dalam kategori "sedang".
Kata kunci: hasil pembelajaran, pengembangan media, video 3D astroLab
References
Abd Rahman, dkk. (2020). Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Pendidikan. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Adhelia Anggraini, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Di PAUD Islam Makarima Kartasura Tahun Pelajaran 2022/2023” Skripsi UIN Raden Mas Said Surakarta, 2022.
Doli Lyanda, R.M Nasrul Halim, Firamon Syakti, “ Media Pembelajaran Animasi 3D Siste Tata Surya Menggunakan Metode ADDIE” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, vol 55 no 4 (2023).
Horne dalam Abd Rahman, dkk. (2020). Teori Pendidikan dan Implementasi. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Jamilatun Nafi'ah, D. J. (2022). KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Auladuna:Pembelajaran Pada Karakteristik Kurikulum.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2023). Laporan Tantangan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Smith, J. (2021). The Use of 3D Animation in Educational Media. Journal of Educational Technology, 15(2), 45-60.
MTs Sunan Gunung Jati. (2025). Dokumentasi Nilai Hasil Belajar Siswa Kelas VII. Cirebon: MTs Sunan Gunung Jati.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston: Pearson Education.
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications (10th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). New Jersey: Merrill Prentice Hall.
Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. M. (1998). Designing Effective Instruction (2nd ed.). New Jersey: Merrill.
Mulyasa, E. (2007). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2006. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In J. van den Akker, R. M. Branch, K. L. Gustafson, N. Nieveen & T. Plomp (Eds.), Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 125-136). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Nurhasanah, S. E. (2015). Pengaruh Media Visualisasi Sistem Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 123-130.
Prasetyo, Z. K., & Wibowo, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 3D Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(1), 45-54.
Purnomo, A., & Supriyadi, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video 3D untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 101-110.
Rika Nur Padilah, C. R. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Kemampuan. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Salailawati, Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Tematik Tema Pahlawanku Di Kelas 4 SD Negeri 007 Tarakan, skripsi fakultas keguruan Universitas Borneo Tarakan, Tahun 2022.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyaddin,M. Nur Imansyah,dan Leni Mellani, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Tingkatan Sekolah Dasar Menggunakan Macromedia Flash”, Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, No.1 (Oktober 2020),
Susilo, H. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 45-51.
Wawancara dengan guru mata pelajaran IPA MTs Sunan Gunung Jati, Oktober 2024. Widodo, A., & Hidayat, R. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Video 3D dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Tata Surya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 26(3), 210-218.
Winarno, B. (2013). Statistik Terapan untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yulianti Yusal, dkk, “ Pengembangan Teknologi Digital Berupa Video YouTube Sebagai Media Pembelajaran dalam Materi Ekosistem Untuk Motivasi Belajar”, IJOMER :Jurnal Penelitian Multidisiplin Indonesia, vol 1 no 1 2023.
Zainuddin, Z., & Halimah, E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video 3D untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(4), 456-467.
Zulfikri, A. W. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annasa Nuris Tigfarin, Yulianti Yusal, Ratna Wahyu Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.


