PENERAPAN TEACHING WITH ANALOGY BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN REASONING PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH

DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v5i02.157Keywords:
Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Reasoning, Listrik Arus Searah, Teaching With Analogy, Video Interaktif, Concept Understanding Ability, Reasoning Ability, Direct Current Electricity, Teaching With Analogy, Interactive VideoAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh teaching with analogy berbantuan video interaktif terhadap pemahaman konsep dan reasoning pada materi listrik arus searah di kelas IX SMPN 3 Sungai Raya. Menggunakan desain one group pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas IX A yang dipilih dengan intact group random sampling. Instrumen berupa tes pemahaman konsep (5 soal) dan reasoning (3 soal) dalam bentuk uraian. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode ini berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep dan reasoning, dengan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan (P-value < 0,05) serta kontribusi relatif sebesar 12,7%.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Reasoning, Listrik Arus Searah, Teaching With Analogy, Video Interaktif.
This research examines the effect of teaching with analogy assisted by interactive videos on understanding concepts and reasoning in direct current electricity material in class IX of SMPN 3 Sungai Raya. Using a one group pretest-posttest design, this research involved 32 class IX A students selected using intact group random sampling. The instrument is a test of conceptual understanding (5 questions) and reasoning (3 questions) in the form of a description. The results of the analysis show that this method has a positive effect on understanding concepts and reasoning, with a significant difference before and after treatment (P-value < 0.05) and a relative contribution of 12.7%
Keywords: Concept Understanding Ability, Direct Current Electricity, Interactive Video, Reasoning Ability, Teaching With Analogy.
References
Aghnia, H. S. (2017). Keefektifan Analogy Based Learning Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Diperoleh dari http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32418.
Apriliani, Silvia, dkk. (2015). Penggunaan Analogi Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Metode Eksperimen Topik Aliran Arus Listrik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa, JPFK, 1(1), 14-19. DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.7.
Aula, N, dkk. (2018). Kemampuan Penalaran Analogi Siswa dalam Materi Persamaan Linear Satu Variael di SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 1-12. Diunduh di https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26987/75676577614
Deliany, N., dkk. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17 (2), 90–97. DOI: https://doi.org/ 10.36555/educare.v17i2.247
Dewati, M. (2015). Pengaruh Metode Belajar dan Tingkat Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik. Jurnal Formatif, 2(3) 206-217. Diunduh di https://www.neliti.com/id/publications/234937/
Dilber, R. and Duzgun, B. (2008). Effectiveness of Analogy on students Success and Elimination of Misconceptions. Journal Physics Education, 2(3). 174-183. Diunduh di http://www.journal.lapen.org.mx
Djudin, T. and Grapragasem, S. (2019). The Use of Pictorial Analogy to Increase Students Achievement and Its Retention of Physics Lessons of Direct Current, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 9(2), pp. 140–151. DOI: 10.26740/jpfa.v9n2.p140-151.
Dwirahayu, Gelar, dkk. (2018). Pendekatan Analogi Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Siswa. Jakarta: Fakultan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Fitriani, A., dan Retnowati, R.D.S. (2017). Efektivitas Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(8), 658-665. Diunduh di https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view /9196/8874
Glynn, Shawn M. (1994). Teaching Science with Analogy: A Strategy for Teachers and Textbook Authors. National Reading Research Center University of Georgia, Athens.
Hajar, I. and Budi, A. (2014). Penerapan Strategi Belajar Analogi Dalam Model Pemebelajaran Langsung Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital Di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3), 31–37. Diunduh di https://www.semanticscholar.org/paper/.
Hardianti dan Wahyu Kurniati Asri. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 123-130. DOI: https://doi.org/10.26858/ eralingua.v1i2.4408
Hasanah, D. (2012). Analogi Sebagai Suatu Metode Alternatif dalam Pengajaran Sains Fisika Sekolah, Prosiding: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(5), 402–413. Diunduh di https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ prosfis1/article/view/3768/2651
Hendriana, H.H., dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Kariadinata, R. (2012). Menumbuhkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa Melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siiliwangi Bandung, 1(1), 10-18. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p10-18
Khairani, dkk. (2019). Studi Meta-Analisis pengaruh Video Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Jurnal BIOLOKUS. 2(1), 155-166. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
Kustyorini, Y dan Mashuri, T. M. (2019). Penerapan Pembelajaran Diskusi Analogi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pakar, Buku 1 Sains dan Teknologi. DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pakar.v0i0.4373
Munasiah, dkk. (2020). Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matriks. Susunan Artikel Pendidikan. 5(1). 73-78. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6231
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI), Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Podolefsky, N. S., dan N. D. Finkelstein. (2006). The Use of Analogy in Learning Physics: The Role of Representations. Physical Review Physics Education Research. 2,020101.
Rahmawati, Fitria, dkk. (2012). Penerapan Model Teaching With Analogies (TWA) Dalam Pembelajaran Fisika Di MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 192-199. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v1i2.23158
Radiannur, dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Analogi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Fisika, 7(9), 1-8, Diunduh di https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/28984/75676578726
Safitri, P.T., dan Purbaningrum, K.A. (2019). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Problem Possing Terhadap Kemampuan Berpikir Analogi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 103-114. DOI: http://dx.doi.org/10.30870 /jppm.v12i1.4858
Siswono, T.Y.E. dan Suwidiyanti. (2009). Proses Berpikir Analogi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 55-65. Diunduh di http://repository.unmuhjember.ac.id /1882/1/Artikel..pdf
Sitania, dkk. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inquiri Dengan Konsep Analogi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Melingkar Beraturan. Physikos Journal Phys & Phys Educ 1(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.30598/physikos.1.1.3769
Susana, S., dan Sriyansyah, S. (2015). Analisis Didaktis Berdasarkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikit Kritis Siswa pada Materi Kalor. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2). 39-44. DOI: https://doi.org/10.21009/1.01207
Wardani, R. K., dan Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371–381. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuri Aniasari, Tomo Djudin, Syaiful B. Arsyid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.