PENERAPAN TEACHING WITH ANALOGY BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN REASONING PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH

Authors

  •   Yuri Aniasari   Universitas Tanjungpura
  •   Tomo Djudin   Universitas Tanjungpura
  •   Syaiful B. Arsyid   Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v5i02.157

  Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Reasoning, Listrik Arus Searah, Teaching With Analogy, Video Interaktif, Concept Understanding Ability, Reasoning Ability, Direct Current Electricity, Teaching With Analogy, Interactive Video

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh teaching with analogy berbantuan video interaktif terhadap pemahaman konsep dan reasoning pada materi listrik arus searah di kelas IX SMPN 3 Sungai Raya. Menggunakan desain one group pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas IX A yang dipilih dengan intact group random sampling. Instrumen berupa tes pemahaman konsep (5 soal) dan reasoning (3 soal) dalam bentuk uraian. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode ini berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep dan reasoning, dengan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan (P-value < 0,05) serta kontribusi relatif sebesar 12,7%.

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Reasoning, Listrik Arus Searah, Teaching With Analogy, Video Interaktif.

This research examines the effect of teaching with analogy assisted by interactive videos on understanding concepts and reasoning in direct current electricity material in class IX of SMPN 3 Sungai Raya. Using a one group pretest-posttest design, this research involved 32 class IX A students selected using intact group random sampling. The instrument is a test of conceptual understanding (5 questions) and reasoning (3 questions) in the form of a description. The results of the analysis show that this method has a positive effect on understanding concepts and reasoning, with a significant difference before and after treatment (P-value < 0.05) and a relative contribution of 12.7%

Keywords: Concept Understanding Ability, Direct Current Electricity, Interactive Video, Reasoning Ability,  Teaching With Analogy.

References

Aghnia, H. S. (2017). Keefektifan Analogy Based Learning Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Diperoleh dari http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32418.

Apriliani, Silvia, dkk. (2015). Penggunaan Analogi Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Metode Eksperimen Topik Aliran Arus Listrik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa, JPFK, 1(1), 14-19. DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.7.

Aula, N, dkk. (2018). Kemampuan Penalaran Analogi Siswa dalam Materi Persamaan Linear Satu Variael di SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 1-12. Diunduh di https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26987/75676577614

Deliany, N., dkk. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17 (2), 90–97. DOI: https://doi.org/ 10.36555/educare.v17i2.247

Dewati, M. (2015). Pengaruh Metode Belajar dan Tingkat Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik. Jurnal Formatif, 2(3) 206-217. Diunduh di https://www.neliti.com/id/publications/234937/

Dilber, R. and Duzgun, B. (2008). Effectiveness of Analogy on students Success and Elimination of Misconceptions. Journal Physics Education, 2(3). 174-183. Diunduh di http://www.journal.lapen.org.mx

Djudin, T. and Grapragasem, S. (2019). The Use of Pictorial Analogy to Increase Students Achievement and Its Retention of Physics Lessons of Direct Current, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 9(2), pp. 140–151. DOI: 10.26740/jpfa.v9n2.p140-151.

Dwirahayu, Gelar, dkk. (2018). Pendekatan Analogi Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Siswa. Jakarta: Fakultan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah

Fitriani, A., dan Retnowati, R.D.S. (2017). Efektivitas Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(8), 658-665. Diunduh di https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view /9196/8874

Glynn, Shawn M. (1994). Teaching Science with Analogy: A Strategy for Teachers and Textbook Authors. National Reading Research Center University of Georgia, Athens.

Hajar, I. and Budi, A. (2014). Penerapan Strategi Belajar Analogi Dalam Model Pemebelajaran Langsung Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital Di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3), 31–37. Diunduh di https://www.semanticscholar.org/paper/.

Hardianti dan Wahyu Kurniati Asri. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 123-130. DOI: https://doi.org/10.26858/ eralingua.v1i2.4408

Hasanah, D. (2012). Analogi Sebagai Suatu Metode Alternatif dalam Pengajaran Sains Fisika Sekolah, Prosiding: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(5), 402–413. Diunduh di https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ prosfis1/article/view/3768/2651

Hendriana, H.H., dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Kariadinata, R. (2012). Menumbuhkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa Melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siiliwangi Bandung, 1(1), 10-18. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p10-18

Khairani, dkk. (2019). Studi Meta-Analisis pengaruh Video Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Jurnal BIOLOKUS. 2(1), 155-166. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442

Kustyorini, Y dan Mashuri, T. M. (2019). Penerapan Pembelajaran Diskusi Analogi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pakar, Buku 1 Sains dan Teknologi. DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pakar.v0i0.4373

Munasiah, dkk. (2020). Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matriks. Susunan Artikel Pendidikan. 5(1). 73-78. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6231

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI), Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Podolefsky, N. S., dan N. D. Finkelstein. (2006). The Use of Analogy in Learning Physics: The Role of Representations. Physical Review Physics Education Research. 2,020101.

Rahmawati, Fitria, dkk. (2012). Penerapan Model Teaching With Analogies (TWA) Dalam Pembelajaran Fisika Di MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 192-199. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v1i2.23158

Radiannur, dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Analogi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Fisika, 7(9), 1-8, Diunduh di https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/28984/75676578726

Safitri, P.T., dan Purbaningrum, K.A. (2019). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Problem Possing Terhadap Kemampuan Berpikir Analogi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 103-114. DOI: http://dx.doi.org/10.30870 /jppm.v12i1.4858

Siswono, T.Y.E. dan Suwidiyanti. (2009). Proses Berpikir Analogi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 55-65. Diunduh di http://repository.unmuhjember.ac.id /1882/1/Artikel..pdf

Sitania, dkk. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inquiri Dengan Konsep Analogi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Melingkar Beraturan. Physikos Journal Phys & Phys Educ 1(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.30598/physikos.1.1.3769

Susana, S., dan Sriyansyah, S. (2015). Analisis Didaktis Berdasarkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikit Kritis Siswa pada Materi Kalor. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2). 39-44. DOI: https://doi.org/10.21009/1.01207

Wardani, R. K., dan Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371–381. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Yuri Aniasari, Djudin, T. ., & B. Arsyid, S. . (2025). PENERAPAN TEACHING WITH ANALOGY BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN REASONING PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 5(02), 31–42. https://doi.org/10.35719/vektor.v5i02.157