ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PJBL PADA MATERI BENCANA ALAM DI UPT SMPN 10 GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v6i2.152Keywords:
Creative Thinking, Natural Diaster, PjBL learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam materi bencana alam dengan menggunakan model PjBL di UPT SMPN 10 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan partisipan sebanyak 32 peserta didik kelas VIII yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian berupa lembar observasi yang mengukur indikator berpikir kreatif berdasarkan model Torrance, yaitu kelancaran, orisinalitas, dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif peserta didik bervariasi, dengan kategori sangat kreatif sebesar 31,25%, kreatif 28,10%, dan cukup kreatif 40,63%. Indikator dengan pencapaian tertinggi adalah lancar (72%), sementara elaborasi mencapai pencapaian terendah (40%).
Kata Kunci: berpikir kreatif, bencana alam, model PjBL
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi bencana alam menggunakan model PjBL di UPT SMPN 10 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan 32 siswa kelas delapan yang dipilih secara acak sebagai partisipan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi yang mengukur indikator berpikir kreatif berdasarkan model Torrance, yaitu kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif siswa bervariasi, dengan 31,25% dikategorikan sangat kreatif, 28,10% kreatif, dan 40,63% kreatif sedang. Indikator dengan pencapaian tertinggi adalah kelancaran (72%), sedangkan elaborasi memiliki pencapaian terendah (40%).
Kata kunci : berpikir kreatif , bencana alam, pembelajaran PjBL
References
’Adiilah, I. I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49–56.
Azfa Nabil Shafi, Hilalludin Hilalludin, & Adi Haironi. (2024). Pendidikan dan Pranata Sosial: Membentuk Masyarakat Masa Depan. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(5), 157–164.
Chairunnissa, A., Anriani, N., & Santosa, C. A. H. F. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran dengan Pendekatan STEM pada Materi Statistika Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 15(2), 275.
Chakra, A., & Kandhiraju, L. (2024). Life Skills - The 21st Century Skills. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(4).
Ernawati, M. D. W., Muhammad, D., Asrial, A., & Muhaimin, M. (2019). Development of Creative Thinking Skill Instruments for Chemistry Student Teachers in Indonesia. International Journal of Online and Biomedical Engineering (IJOE), 15(14), 21–30.
Fatmawati, B., Jannah, B. M., & Sasmita, M. (2022). Students’ Creative Thinking Ability Through Creative Problem Solving based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2384–2388.
Fazillah, O., & Nisa, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Siswa. MASALIQ, 4(4), 796–807.
Handayani, S. A., Rahayu, Y. S., & Agustini, R. (2021). Students’ Creative Thinking Skills in Biology Learning: Fluency, Flexibility, Originality, and Elaboration. Journal of Physics: Conference Series, 1747(1), 012040.
Husyain Rifai, M. (2023). The Effectiveness Of Problem-Based Learning (PBL) And Project-Based Learning (PJBL) Learning Models On Disaster Mitigation Materials On Learning Motivation Of Xi Social Studies Class. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 4(5), 923–928.
Kolesnikova, D., Bekk, N., & Taybe, M. (2022). Development of Creative Thinking as an Essential Competence of a Modern Person.
Komalasari, R. N. A., Ibrohim, I., & Listyorini, D. (2024). Creativity in biology: The impact of Problem-Oriented Project Based Learning on high school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(2), 555–562.
Kusumaningtyas, A. T., Sumarna, O., & Anwar, S. (2023). Creative Thinking Skill Indicators in PjBL-based Reaction Rate Student Worksheets. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6503–6509.
López Martínez, O., Lorca Garrido, A. J., & de Vicente-Yagüe Jara, M. I. (2024). Indicators of verbal creative thinking: results of a Delphi panel. Frontiers in Psychology, 15.
Mardatillah, B. L. R., & Kristayulita, K. (2024). Pengaruh Pembelajaran STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 472–482.
Ndaryanti, R. B. I., Sumardjoko, B., Musiyam, M., . S., & Sutopo, A. (2024). Development Of PJBL-Oriented Interactive Learning Media to Develop the Profile of Pancasila Students’ Creative Dimensions of Junior High School Science Subjects. International Journal of Religion, 5(11), 3061–3065.
Noorhalida, N., Santiani, S., & Annovasho, J. (2024). Enhancing Students’ Creative Thinking Skills in Equilibrium and Rotational Dynamics Through The Implementation of Project Based Learning Modules. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 17(1), 49–57.
Nusfiyah, K. (2024). Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) melalui Video Project dalam Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Peserta Didik. Journal of Islamic Education, 2(1), 16–21.
Ramadhanty Adinda Putri, A., Fatmawati, A., & Rahma Syafridatul Aini, Anita Dwi Kartika, A. M. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(6), 837–844.
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Santoso, B. P., & Wulandari, F. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu dengan Metode Pemecahan Masalah pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Banua Science Education, 1(1), 1–6.
Sharma, M., & Ankit, D. P. (2023). Importance of Education in This Challenging World. SMART MOVES JOURNAL IJELLH, 9–19.
Sirait, G. (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab IV Pasal 5 Mengenai Hak dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua d an Pemerintah. Jurnal Visi Sosial Dan Humaniora (VSH), I(1), 82–88.
Siti Dwi Amriani, Ita Uzzakah, Rian Agus Prakoso, Peggy Ayu Sabella, Miftahus Surur, & Agusti Agusti. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 13–25.
Sudirman, Kondolayuk, M. L., Sriwahyuningrum, A., Cahaya, I. M. E., Astuti, N. L. S., Setiawan, J., Tandirerung, W. Y., Rahmi, S., Nusantari, D. O., Indrawati, F., Fittriya, N. L., Aziza, N., Kurniawati, N., Wardhana, A., & Hasanah, T. (2023). Metodologi Penelitian 1 : Dekskriptif Kuantitatif (S. Haryanti (ed.)). CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Suryaningsih, S., Nurwalidainismawati, & Nurlailatun Ramdani. (2024). Students’ Creative Thinking Ability Through the Project Based Learning (PjBL) Model Assisted by Talking Sticks. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2381–2391.
Susanti, W., Saleh, L., & Dkk. (2022). Pemikiran Kritis dan Kreatif (H. Ningrum (ed.)). http://repository.usahid.ac.id/2708/1/Buku - Pemikiran Kritis dan Kreatif - Tatan_Sukwika.pdf
Trisnayanti, Y., Ashadi, Sunarno, W., & Masykuri, M. (2020). Creative Thinking Profile of Junior High School Students on Learning Science. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 012072.
Wallach, M. A., & Torrance, E. P. (1968). Torrance Tests of Creative Thinking: Norms -- Technical Manual. American Educational Research Journal, 5(2), 272.
Wanggi, S. L., Santoso, D., & Lestari, T. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMPN 2 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1920–1926.
Widia, W., Syahrir, S., & Sarnita, F. (2020). Berpikir Kreatif Merupakan Bagian Terpenting dalam Meningkatkan Life Skills di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(02), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zuhrotun Najichah, Wahyuni Fajar Arum, Nur Wakhidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.


