PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA PEMBELAJARAN IPA

DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v5i02.148Keywords:
Collaboration Skills PBL, Learning Model, TaRL Approach., Keterampilan Kolaborasi, Model Pembelajaran PBL, Pendekatan TaRL.Abstract
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VII-F di SMPN 1 Porong pada pembelajaran IPA. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian 32 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi yang signifikan setelah penerapan model PBL dalam pendekatan TaRL. Persentase keterampilan kolaborasi meningkat dari 71,66% pada siklus I menjadi 82,63% pada siklus II, menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: keterampilan kolaborasi, model pembelajaran PBL, pendekatan TaRL.
This research evaluates the effectiveness of the Problem-Based Learning (PBL) learning model with the Teaching at the Right Level (TaRL) approach in improving the collaboration skills of class VII-F students at SMPN 1 Porong in science learning. This Classroom Action Research (PTK) was carried out in two cycles, with research subjects of 32 students. Data was collected through observation, questionnaires and documentation. The research results show a significant increase in collaboration skills after implementing the PBL model in the TaRL approach. The percentage of collaboration skills increased from 71.66% in cycle I to 82.63% in cycle II, indicating that this learning model is effective in improving students' collaboration skills in science learning.
Keywords: collaboration skills, PBL learning model, TaRL approach.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.
Afelia, Y. D., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2024). Implementasi Model Problem Based learning (PBL) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMA. Jurnal Biologi, 1(2), 1-11.
Ahwan, M. T. R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106–119.
Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460-6477.
Arifin, S., Kartono, & Hidayah, S. (2019). The Analysis of Problem Solving Ability in Terms of Cognitive Style in Problem Based Learning Model with Diagnostic Assessment. Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 147–156.
Asyhari, H., & Arsana, I. M. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKR 4 Di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(1), 19-24.
Cahyono, S., D. (2022). Melalui Model Teaching at The Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2/ 4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengelolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407-12418).
Dewi, A. P., Putri, A., Anfira, D. K., & Prayitno, B. A. (2020). Profil keterampilan kolaborasi mahasiswa pada rumpun pendidikan MIPA. PEDAGOGIA, 18(1), 57-72.
Dhitasarifa, I., Yuliatun, A. D., & Savitri, E. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Ekologi Di Smp Negeri 8 Semarang. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. Jurnal bioterdidik, 7(3), 77-87.
Harianti, R. (2023). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTS Negeri 1 Balikpapan. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 3(1), 1-9.
Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–3
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.
Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan hasil belajar Siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467.
Liang, H., Hsu, T., Hwang, G., Chang, S., & Chu, H.-C. (2021). A mandatory contributionbased collaborative gaming approach to enhancing students’ collaborative learning outcomes in Science museums. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–15.
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia , 4 (1), 31-41.
Mawaddah, R., Triwoelandari, R., & Irfani, F. (2022). Kelayakan LKS pembelajaran IPA berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SD/MI. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 1-14.
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165-179.
Prasutri, DR, Muzaqi, AF, Purwati, A., Nisa, NC, & Susilo, H. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning (Pbl) untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan kolaboratif siswa SMA pada pembelajaran biologi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Dan Workshop Biologi-IPA Dan Pembelajarannya Ke-4, 53(9), 489-496.
Rahmawati, A. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis pembelajaran pemecahan masalah kelas V sd negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 46-51.
Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466.
Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Smp Pada Pembelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2),253– 259.
Syahdan, U. A., Cece, A., & Saleh, A. R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran PBL Dengan Pendekatan TARL di kelas XI MIPA 2 di SMAN 9 Makassar. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 172-179.
WH, E. H, Anisa, L. N, Meilani, A. R, Munasyifa, A., Sari, LN, & Bashoriyah, R. (2023). Manajemen Kelas yang Efektif pada Kelas Indoor dengan Menggunakan Discovery Learning. BIOFAIR , 128-154.
Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 dewi29, Elok Sudibyo, Tutut Forcefiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.