DIGITALISASI PEMBELAJARAN SEJARAH SAINS BERDIFERENSIASI SCIENCE HISTORY DRAMA WITH PLOTAGON (SHI DRAGON) UNTUK MENDUKUNG SDGs

Authors

  • Wirawan Fadly Program Studi Tadris IPA IAIN Ponorogo,Ponorogo, Indonesia
  • Rahmi Faradisya Ekapti Program Studi Tadris IPA IAIN Ponorogo,Ponorogo, Indonesia
  • Muhamad Tohari Program Studi Tadris IPA IAIN Ponorogo,Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v5i1.141

Keywords:

Digitalisasi, Video animasi, Plotagon, Sejarah Sains

Abstract

Di era globalisasi saat ini, pendidikan berkelanjutan salah satu bagian dari dasar reformasi pendidikan yang mengkonsepkan sebuah keterampilan dalam pembelajaran dengan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan di masa sekarang. Salah satunya yaitu dengan memenuhi kebutuhan digitalisasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi kreatif dengan software Plotagon yang nantinya diimplementasikan dalam pembelajaran untuk menganalisis bagaimana perbedaan pemahaman konsep kelas yang diberikan pembelajaran menggunakan media video animasi Plotagon dalam materi sejarah sains dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan desain ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Media pembelajaran berbasis animasi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa terkait matakuliah sejarah dan filsafat IPA yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hasil uji one-pairet tailed dengan p-value sebesar 0,00<0,05 mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan dalam perolehan nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji t-test one tailed menunjukkan bahwa peningkatan nilai pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan p-value sebesar 0,000 pada taraf signifikansi α=0,05

Kata Kunci: Digitalisasi, Video animasi, Plotagon, Sejarah Sains

In the current era of globalization, continuing education is one part of the basic educational reform that conceptualizes a skill in learning with the ability to meet the needs of the present. One of them is by meeting the needs of digitalization in learning. This research aims to develop creative animation videos with Plotagon software which will be implemented in learning to analyze how different understanding of concepts is the class provided learning using Plotagon animated video media in science history material with conventional learning. The research method used is development research with ADDIE design (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Animation-based learning media is effective in increasing students' understanding of concepts related to history and philosophy of science courses which show significant improvement. One-pairet tailed test result with p-val

Keywords: Digitalization, Animation Video, Plotagon,Science History

References

Abi Hamid, Mustofa, et al. (2020) . Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. dan Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1b, hh 352-360.

Ailulia, R., Saidah, P. N., & Sutriani, W. (2022). Analisis penerapan media video pembelajaran menggunakan aplikasi plotagon terhadap pemahaman konsep bangun datar kelas V. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47-56.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Bosevska, J., & Kriewaldt, J. (2020). Fostering a whole-school approach to sustainability: learning from one school’s journey towards sustainable education. International Research in Geographical and Environmental Education, 29(1), 55–73. https://doi.org/10.1080/10382046.2019.1661127

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237

Hassan, Arba’at, Tajul Ariffin Noordin, and Suriati Sulaiman. 2010. “The Status on the Level of Environmental Awareness in the Concept of Sustainable Development amongst Secondary School Students.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 2 (2): 1276–80. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.187.

Noordin, T. A., & Sulaiman, S. (2010). The status on the level of environmental awareness in the concept of sustainable development amongst secondary school students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1276-1280.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.

Ristyawati, A., & Saraswati, R. (2018). An Effort of Political Party Simplification for the Effective Government Realization. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/175/1/012170

Safitri, A, et al (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, hh 7096 – 7106.

Saraswati, Verina (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Aplikasi Plotagon Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sari, A, & Setiawan, A (2018). The Development of Internet-based Economic Learning Media Using Moodle Approach. International Journal of Active Learning, vol. 3, no. 2, hh 100-109.

Shephard, K., & Furnari, M. (2013). Exploring what university teachers think about education for sustainability. Studies in Higher Education, 38(10), 1577–1590. https://doi.org/10.1080/03075079.2011.644784

Sofia, L. A. (2020). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI WISATA PANTAI ASMARA. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2), 133–143.

Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon Dan Capcut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841–850. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575

Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 4(2), 34-44.

Tafonao, Talizaro (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 2, no. 2, hh 103-113.

Wahyuddin, A. (2014). Pola Asuh Orang Tua Nelayan dalam Membimbing Anak di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Paradigma, 02(01), 1–9.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Fadly, W., Ekapti, R. F., & Tohari, M. (2024). DIGITALISASI PEMBELAJARAN SEJARAH SAINS BERDIFERENSIASI SCIENCE HISTORY DRAMA WITH PLOTAGON (SHI DRAGON) UNTUK MENDUKUNG SDGs . VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 28–42. https://doi.org/10.35719/vektor.v5i1.141