KAJIAN LITERATUR SISTEMATIS REVIEW : MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES PADA PEMBELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v6i2.138Keywords:
Inquiry, Science Learning, socioscientifikc issuesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis Socioscientific Issues dalam pembelejaran IPA dari berbagai penelitian yang dilakukan. Adapun metode yang digunakan adalah literatur sistematic riview atau PRISMA. Metode PRISMA adalah alat dan panduan yang digunakan untuk observasi sistematis dan meta-analisis. Teknik analisis data meliputi pengumpulan, pengorganisasian dan sintesis literatur untuk mengidentifikasi tema utama dalam penelitian terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan berpikir kritis pada siswa dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang paling banyak digunakan Quasi Eksperiment dengan presentase 60%. Sedangkan materi IPA yang digunakan memiliki fokus utama pada sistem organisasi kehidupan, yang mencakup 42.86% dari distribusi data.
Kata Kunci: inkuiri, pembelajaran IPA , masalah sosiologi
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam model pembelajaran berdasarkan penyelidikan terbimbing berdasarkan isu-isu sosiosaintifik dalam pembelajaran sains dari berbagai penelitian yang telah dilakukan. Metode yang digunakan adalah observasi literatur sistematis atau PRISMA. Metode PRISMA adalah alat dan panduan yang digunakan untuk observasi sistematis dan/atau meta-analisis. Teknik analisis data meliputi pengumpulan, pengorganisasian, dan sintesis literatur untuk mengidentifikasi tema utama dalam penelitian terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan berpikir kritis pada siswa dalam belajar dapat meningkatkan kualitas belajar. Metode yang paling banyak digunakan adalah Kuasi Eksperimental dengan persentase 60%. Sementara itu, materi sains yang digunakan memiliki fokus utama pada sistem organisasi kehidupan, yang mencakup 42,86% dari distribusi data.
Kata kunci : inkuiri , pembelajaran sains , masalah sosiologi
References
Azizah, H. P., Ilhami, A., & Hafiza, N. (2022). Pengembangan E-Modul IPA SMP Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) : Systematic Review. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(4).
Badin, P. P., Suastra, I. W., & Candiasa, I. M. (2023). Dampak Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 624–635.
Edi Supartawan, N., Bagus Nyoman Sudria, I., & Luh Putu Manik Widiyanti, N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Smp Pada Topik Sistem Organisasi Kehidupan Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Matematika, 15(1), 81–95.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187.
Herdiana, L. E., Sunarno, W., & Indrowati, M. (2021). Studi Analisis Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Sumber Belajar Potensi Lokal Terhadap Kemampuan Literasi Sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 87.
Jalil, M. (2018). Effectiveness of Inqury Discussion Assisted Implementation of Powerpoint Media in Life Organization in Smp N I Pulokulon. Bioeducation Journal, 2(1), 20–30.
Khusmawardani, E. (2022). DAMPAK HIBRID INSTRUKSI INKUIRI ILMIAH EKSPLISIT MODE DENGAN KONTEKS MASALAH SOSIOSCIENTIFIK PADA SISWA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM KINETIK KIMIA. 2022, 131–137.
Kristiana, T., Afandi, A., & Wahyuni, E. S. (2022). Konstruksi perangkat pembelajaran menggunakan model guided inquiry disertai socioscientific issues terhadap keterampilan berpikir kritis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 10(2), 145.
Limanto, R., Bano, vidriana kotaviana, & Enda, riwa rambu hada. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Di SMP Negeri 2 Waingapu. BTS Journal (Biologi Education Science & Technologi, 7(1), 134–140.
M. D Anggita, A. Topano, D. F. (2024). PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERINTEGRASI ( SAINS DAN AL- QUR ’ AN ) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA POKOK. 05, 1–9.
Marten Yogaswara, S., Novendra, A. M., Almujab, S., & Ramafrizal, Y. (2020). Analisis Perbandingan Metode Problem Based Learning Dan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 5(2), 224–240.
Nasrianti, R. (2023). Penerapan Model Inquiry dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Nur Aini Purwaningrum, & Hanin Niswatul Fauziah. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inquiri Terbimbing Berbasis Socioscientific Issue Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Peserta Didik di MTs Negeri 7 Madiun. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 45–62.
Putra, I. M. T. P. (2022). Kajian Literatur Sistematis: Integrasi Model Inkuiri Berbasis Socioscientific Issues pada Pembelajaran IPA I. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 919–928.
Putri, M. R., & Miterianifa, M. (2023). Penggunaan Isu Sosiosaintifik Dalam Pembelajaran IPA: Review Literatur. Journal of Natural Sciences; Vol 4, No 2 (2023): Journal of Natural Sciences Juli, 4(2), 103–111.
Putriana, A. R. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Socio Scientific Issue (Ssi) Pada Pembelajaran Ipa Smp Kelas Vii. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 80–89.
Rusyadi, A. (2021). Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 978–602.
Salam, A., Rusmawati, R. D., & Suhari, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 113–123.
Suastrawan, K. E., Suardana, I. N., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). Pengembangan E-Modul Ipa Smp Kelas Vii Dengan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbasis Isu-Isu Sosial Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 199.
Suastrawan, K. E., Suardana, I. N., Sudiatmika, A. R., Sains, P., Pascasarjana, P., & Ganesha, U. P. (2021). Efektivitas E-Modul Sains Kelas VII SMP Berdasarkan Isu Sosiosaintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. 5(2), 1–9.
Suwardani, Asrial, & Yelianti, U. (2021). Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP ( Analysis of Guided Inquiry Learning Models on Students ’ Science Process Skills in Science Subjects in Junior High School ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 07(03), 185–194.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.
Widiarsa, I. N. (2020). Keefektifan model PBL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(4), 439–449.
Wulandari, F. (2016). Penerapan_Model_Pembelajaran_Inkuiri_Terbimbing_un-1. Jurnal Pedagogia, 5(2), 267–278.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Hkmah Wati, Miterianifa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.


