EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 2 WAINGAPU

Authors

  • ramana limanto Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Universitas Kristen Wira Wacana Sumba https://orcid.org/0000-0003-1156-6758
  • Enda Riwa R.H. Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Sumba

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v5i1.114

Keywords:

Model pembelajaran, kooperatif, Group Investigation, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media poster pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam kegiatan pra siklus, siklus 1 dan siklus II dengan jumlah peserta didik 32 orang. Peningkatan ranah kognitif peserta didik yang tuntas pada tahap pra siklus mencapai 16%, siklus I dengan rata rata 59,06 dan jumlah peserta didik yang tuntas 50% dan tidak tuntas 50%, dan siklus II dengan rata rata 83,75 peserta didik yang tuntas mencapai 87% dan tidak tuntas 13%. Pada ranah afektif tahap siklus I predikat tinggi 8 orang, sedang 18 orang, rendah 6 orang dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 29 orang predikat tinggi, sedang 3 orang. Dapat disimpulkan bahwa efektifitas model kooperatif Group Investigation berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII E IPA pada materi sistem gerak pada manusia di SMP Negeri 2 Waingapu.

Kata Kunci: Model pembelajaran, kooperatif, Group Investigation, Hasil belajar

 

The aim of this research is to describe students' learning outcomes in using the Group Investigation learning model assisted by poster media in science subjects. This research is classroom action research (PTK) which was carried out in pre-cycle, cycle 1 and cycle II activities with a total of 32 students. The increase in the cognitive domain of students who completed the pre-cycle stage reached 16%, cycle I with an average of 59.06 and the number of students who completed and did not complete 50%, and cycle II with an average of 83.75 students who completed reached 87% and 13% incomplete. In the affective domain stage of cycle I, 8 people had a high rating, 18 people had a medium rating, 6 people had a low rating and experienced an increase in cycle II reaching 29 people with a high rating, 3 people had a medium rating. It can be concluded that the effectiveness of the Group Investigation cooperative model assisted by poster media can improve the learning outcomes of class VIII E Science students on human movement systems at SMP Negeri 2 Waingapu.

Keywords: Learning model, cooperative, Group Investigation, learning outcomes.

Author Biography

Vidriana Oktoviana Bano, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Pendidikan Biolofi, FKIP

References

Amah, L. A., Bano, V. O., & Ndjoeroemana, Y. 2023. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI SATAP PULUPANJANG.” Jurnal Inovasi Penelitian 4(2): 167–77.

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. & Suharsono Naswan. 2014. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi.” Jurnal Ekonomi 4(1): 4.

Ayuwanti, I. 2016. “MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE.” Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X 1(2): 105–14.

Dimyati, Fitria Aris. 2022. “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Afektif Dan Kognitif Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan IPA.” Jurnal PELITA 2(1): 7–15.

Eli, T. E., & Bano, V. O. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal (Biology Education, Sains and Technology) 6(2): 36–42.

Hapnita, Widia, Rijal Abdullah, Yualitas Gusmareta, & Fhmi Rizal. 2017. “Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017.” Journal of Civil Engineering and Vocational Education 5(1): 1–8.

Hartoto, Tri. 2016. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah.” Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah 4(2): 131.

Hazmiwati. 2018. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 7(1): 178–84.

Jongu, Agustinus, & Vidriana Oktoviana Bano. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Anda Luri Waingapu.” Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P) 10(1): 25–36.

Lestari, Indah. 2015. “Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(2): 115–25.

Nadiya, Nadiya, Haris Rosdianto, & Eka Murdani. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Gerak Lurus Kelas X.” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) 1(2): 49.

Nurkholis. 2013. “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI.” Jurnal kependidikan 1(1): 24–44.

Rahmadani, Wahida, Fauziyah Harahap, & Tumiur Gultom. 2017. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi Di SMA Negeri Se-Kota Medan.” Jurnal Pendidikan Biologi 6(2): 279–85.

Syarvitra, Rina. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 018 Harapan Tani.” JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 6(3): 969.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2): 103.

Telaumbanua, Aprianus, Oskah Dakhi, & Maria Magdalena Zagoto. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Modul Pada Mata Kuliah Praktek Kayu.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5(2): 839–47.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

limanto, ramana, Bano, V. O., & Riwa R.H., E. (2024). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 2 WAINGAPU. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 19–27. https://doi.org/10.35719/vektor.v5i1.114