ANALISIS KEEFEKTIFAN DIFERENSIASI PROSES DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 6 KOTA SERANG
Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, diferensiasi proses, pembelajaran kimia, mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, kurikulum merdekaAbstract
Prinsip utama yang sangat ditekankan dalam implementasi kurikulum merdeka adalah pendidikan yang berpihak pada murid. Salah satu langkah yang dapat dilakukan agar pembelajaran berpihak kepada murid adalah dengan menerapkan diferensiasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keefektifan penerapan diferensiasi proses pada pembelajaran kimia kelas X di SMA Negeri 6 Kota Serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survei terhadap 127 responden. Pertanyaan diberikan untuk mengetahui pendapat murid tentang diferensiasi proses pada pembelajaran kimia di kelas X yang telah dilaksanakan selama semester pertama tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 63,0% responden menyatakan sangat puas atau puas; 34,6% menyatakan biasa saja; dan 2,4% menyatakan sangat tidak puas atau tidak puas terhadap diferensiasi proses melalui variasi metode pembelajaran. Selain itu, sebanyak 81,8% responden menyatakan sangat puas atau puas; 15,5% menyatakan biasa saja; dan 2,4% menyatakan sangat tidak puas atau tidak puas terhadap diferensiasi proses melalui variasi lokasi pembelajaran.
The main principle that is highly emphasized in the implementation of the kurikulum merdeka is education that is pro-student. One of the steps that can be taken so that learning takes the side of students is to apply differentiation in learning. This study aims to analyze the effectiveness of implementing process differentiation in chemistry class X at SMA Negeri 6 Kota Serang. The type of research used is qualitative research using a survey method of 127 respondents. Questions were asked to find out students' opinions about process differentiation in chemistry learning in class X which was carried out during the first semester of the 2022/2023 academic year. Based on the research results, it is known that 63.0% of respondents stated that they were very satisfied or satisfied; 34.6% stated that it was normal; and 2.4% stated that they were very dissatisfied or dissatisfied with process differentiation through variations in learning methods. In addition, as many as 81.8% of respondents said they were very satisfied or satisfied; 15.5% said it was normal; and 2.4% stated that they were very dissatisfied or dissatisfied with process differentiation through variations in learning locations.
References
Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Aswaja Pressindo.
Anshori, A. (2019). Opini Masyarakat Kota Medan Terhadap Pemilihan Serentak Presiden Dan Legislatif Tahun 2019. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 142-156. doi:http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v3i2.3352
Astuti, L. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Konsep Kesetimbangan Kimia melalui Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi). Jakarta.
Dinç, E. (2017). Differentiated Learning Environment--A Classroom for Quadratic Equation, Function and Graphs. 14th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2017) (pp. 237-240). Vilamoura: International Association for Development of the Information Society.
Elitasari, H. T. (2022). Analisis Konsep Guru Penggerak: Pandangan Ki Hajar Dewantara. As-Sibyan, 5(2), 79-91. doi:https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v5i2.347
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 11177-11182. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10212
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.
Hariana, K., Rizal, Surahman, Lapasere, S., & Aqil, M. (2022). KONSTRUKTIVISME KONSEP PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PROBLEMATIKA PENDIDIKAN SENI ANAK. Jurnal EduTech, 8(1), 53-58.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. doi:https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1015-1025. doi:http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI, 1(2), 123-140. Retrieved from http://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/48
Ismajli, H., & Imami-Morina, I. (2018). Differentiated Instruction: Understanding and Applying Interactive Strategies to Meet the Needs of all the Students. International Journal of Instruction, 11(3), 207-218. doi:https://doi.org/10.12973/iji.2018.11315a
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022, Februari 10). Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekonologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta, Indonesia. Retrieved from Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Nurhalita, N., & Hudaidah. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke 21. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 298-303. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.299
Nurhidayati, U. (2022). Menempa Kompetensi dan Peran Guru Penggerak dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(3), 279-291.
Pidrawan, I., Rasna, I., & Putrayasa, I. (2022). Analisis Strategi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menulis yang Diampu oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia di Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 75-86. doi:https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.973
Pratiwi, C. P., & Ediyono, S. (2018). Analisis Keterampilan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Variasi Pembelajaran. JS (JURNAL SEKOLAH…
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SONNY ROHIMAT, SITI HARYATI, NADYA HAPSARI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.