ANALISIS KEEFEKTIFAN DIFERENSIASI PROSES DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 6 KOTA SERANG

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, diferensiasi proses, pembelajaran kimia, mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, kurikulum merdeka

Abstract

Prinsip utama yang sangat ditekankan dalam implementasi kurikulum merdeka adalah pendidikan yang berpihak pada murid. Salah satu langkah yang dapat dilakukan agar pembelajaran berpihak kepada murid adalah dengan menerapkan diferensiasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keefektifan penerapan diferensiasi proses pada pembelajaran kimia kelas X di SMA Negeri 6 Kota Serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survei terhadap 127 responden. Pertanyaan diberikan untuk mengetahui pendapat murid tentang diferensiasi proses pada pembelajaran kimia di kelas X yang telah dilaksanakan selama semester pertama tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 63,0% responden menyatakan sangat puas atau puas; 34,6% menyatakan biasa saja; dan 2,4% menyatakan sangat tidak puas atau tidak puas terhadap diferensiasi proses melalui variasi metode pembelajaran. Selain itu, sebanyak 81,8% responden menyatakan sangat puas atau puas; 15,5% menyatakan biasa saja; dan 2,4% menyatakan sangat tidak puas atau tidak puas terhadap diferensiasi proses melalui variasi lokasi pembelajaran.

 

The main principle that is highly emphasized in the implementation of the kurikulum merdeka is education that is pro-student. One of the steps that can be taken so that learning takes the side of students is to apply differentiation in learning. This study aims to analyze the effectiveness of implementing process differentiation in chemistry class X at SMA Negeri 6 Kota Serang. The type of research used is qualitative research using a survey method of 127 respondents. Questions were asked to find out students' opinions about process differentiation in chemistry learning in class X which was carried out during the first semester of the 2022/2023 academic year. Based on the research results, it is known that 63.0% of respondents stated that they were very satisfied or satisfied; 34.6% stated that it was normal; and 2.4% stated that they were very dissatisfied or dissatisfied with process differentiation through variations in learning methods. In addition, as many as 81.8% of respondents said they were very satisfied or satisfied; 15.5% said it was normal; and 2.4% stated that they were very dissatisfied or dissatisfied with process differentiation through variations in learning locations.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Aswaja Pressindo.

Anshori, A. (2019). Opini Masyarakat Kota Medan Terhadap Pemilihan Serentak Presiden Dan Legislatif Tahun 2019. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 142-156. doi:http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v3i2.3352

Astuti, L. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Konsep Kesetimbangan Kimia melalui Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi). Jakarta.

Dinç, E. (2017). Differentiated Learning Environment--A Classroom for Quadratic Equation, Function and Graphs. 14th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2017) (pp. 237-240). Vilamoura: International Association for Development of the Information Society.

Elitasari, H. T. (2022). Analisis Konsep Guru Penggerak: Pandangan Ki Hajar Dewantara. As-Sibyan, 5(2), 79-91. doi:https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v5i2.347

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 11177-11182. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10212

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

Hariana, K., Rizal, Surahman, Lapasere, S., & Aqil, M. (2022). KONSTRUKTIVISME KONSEP PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PROBLEMATIKA PENDIDIKAN SENI ANAK. Jurnal EduTech, 8(1), 53-58.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. doi:https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1015-1025. doi:http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI, 1(2), 123-140. Retrieved from http://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/48

Ismajli, H., & Imami-Morina, I. (2018). Differentiated Instruction: Understanding and Applying Interactive Strategies to Meet the Needs of all the Students. International Journal of Instruction, 11(3), 207-218. doi:https://doi.org/10.12973/iji.2018.11315a

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022, Februari 10). Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekonologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta, Indonesia. Retrieved from Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Nurhalita, N., & Hudaidah. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke 21. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 298-303. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.299

Nurhidayati, U. (2022). Menempa Kompetensi dan Peran Guru Penggerak dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(3), 279-291.

Pidrawan, I., Rasna, I., & Putrayasa, I. (2022). Analisis Strategi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menulis yang Diampu oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia di Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 75-86. doi:https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.973

Pratiwi, C. P., & Ediyono, S. (2018). Analisis Keterampilan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Variasi Pembelajaran. JS (JURNAL SEKOLAH…

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

ANALISIS KEEFEKTIFAN DIFERENSIASI PROSES DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 6 KOTA SERANG. (2024). VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 4(2), 37–45. Retrieved from https://vektor.uinkhas.ac.id/index.php/vtr/article/view/86