PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET BERDASARKAN HASIL IDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU DI KAWASAN TAMAN BOTANI UNTUK SISWA KELAS X SMA ARGOPURO PANTI JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v4i02.80Keywords:
Keyword: Booklet Teaching Materials, Identification Of Ferns, Taman Botani Sukorambi, Bahan Ajar Booklet, Identifikasi Tumbuhan PakuAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektivan bahan ajar booklet berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan paku (pteridophyta) di Kawasan Taman Botani Sukorambi untuk siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (four-D model) yang meliputi empat tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket, dan tes. Hasil peneliitian menunjukan bahwa 1) hasil validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 93,5% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 89,77% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli bahasa memperoleh hasil presentase sebesar 95,83% dengan kategori sangat valid. Untuk validasi guru biologi memperoleh nilai sebesar 93,05% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil kepraktisan memperoleh presentase sebesar 91,53% termasuk kategori sagat menarik. 3) Hasil uji efektivitas memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka bahan ajar booklet terbukti efektif digunakan sebagai bahan ajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar booklet valid, praktis, dan efektif digunakan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Bahan Ajar Booklet, Identifikasi Tumbuhan Paku, Taman Botani Sukorambi
The purpose of this study was to describe the validity, practicality and effectiveness of booklet teaching materials based on the results of identification of ferns (pteridophyta) in the Sukorambi Botanical Garden Area for class X students of SMA Argopuro Panti Jember. This type of research is Research and Development (R&D) with a 4-D development model (four-D model) which includes four stages, namely Define, Design, Development, and Dissemination. The population of this research is class X SMA Argopuro Panti Jember. Data collection techniques used are interviews, questionnaires, and tests. The results of the research show that 1) the results of the validation of material experts obtain an average percentage value of 93.5% with a very valid category. The results of the media expert validation obtained an average percentage value of 89.77% with very valid criteria. Linguist validation results obtained a percentage of 95.83% with a very valid category. For validation the biology teacher obtained a score of 93.05% in the very valid category. 2) The practicality results obtained a percentage of 91.53% including the very attractive category. 3) The results of the effectiveness test obtained a sig (2-tailed) value of 0.00 <0.05, so booklet teaching materials proved to be effective as teaching materials. So it can be concluded that booklet teaching materials are valid, practical, and effective for students to use in the learning process.
Keyword: Booklet Teaching Materials, Identification Of Ferns, Taman Botani Sukorambi
References
Akbar, Sa’dun. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Khisnul Faiz. (2018). “Inventarisasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Gunung Ungaran Dusun Promasan Desa Ngersep Balong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal sebagai Sumber Belajar Biologi.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Kurniawan, Muhammad Ragil. (2017). “Analiss Karakter Bahan Ajar Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik”. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol. 03 No. 01. 2460-0873. http://ejournal.umm.ac.id/index.-php/jinop diakses pada 20 Januari 2023 pukul
00 WIB.
Maydiantoro, Albet. (2021). “Model-model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Universitas Lampung.
Nisak, Nurul Zakiyatin. (2021). “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi untuk Siswa SMA ditinjau dari Tingkat Kesulitan Materi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kekatifan Belajar”. Biological Science and Education Jurnal. Vol 01 No. 02. 2774- 6267.
Nugraeni, Sunu. (2021). “Pengembangan Bahan Ajar Booklet pada Pokok Bahasan Pythagoras Untuk Siswa SMP”. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
Nur Aini. (2017). “Pengelolaan Ekowisata Taman Botani Sukorambi Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung”. Skripsi, Universitas Jember.
Nurmalina. (2020). Literasi Media dalam Bahasan dan Sastra. Yogyakarta: CV. Bintang Surya Madani,
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadis, Syari’ah dan Tarbiyah. Vol 03. No. 01. 171-187.
Rahmadani Wahida. Fauziyah Harahap, dan Tumiur Gultom. (2017). “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SM Negeri Se-Kota Medan”. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 06. No. 02. 279-285.
Safitri, Aziza, Noorhidayati, dan Sri Amintarti. (2021). “Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Biologi SMA dalam Bentuk Booklet Digital”. Jurnal BIOMA, Vol. 03 No. 02 13-30. http://jurnal.bioma.ac.id/-
index.php//bioma/article/view/535. Diakses pada 20 Januari 2023 pukul 08.00 WIB.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmawati, Sari Sri, Ayuma. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Booklet untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Momentum untuk Siswa Kelas X
Semester 2 SMAN 4 Yogyakarta.” Prosiding Seminar Nasional Quantum, Pendidikan Fisika UniversitasAhmad Dahlan, Yogyakarta.
Susanti, Rita. (2021). “Pengembagan Media Pembelajaran Flipchart pada Materi Kingdom Plantae di SMA Negeri 1 Miesjid Raya Aceh Besar”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Rainiry,
Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.
Tjitrosoepomo, Gembong. (2017). Taksonomi Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Wirdaningsih, Sari, I Made Arwana, dan Azwir Anhar. (2017). “Pengembangan Perangkat Pembelaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI“. Jurnal JNPM. Vol. 02 No. 01. 275-289. http://jurnal.ugj.ac.id/- index.php//JNPM/article/view/535, diakses pada 20 Desember pukul 16.00 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lela Dwi Cahyani, Heni Setyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.