PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII SMP/MTs

Authors

  •   Fina Nikmatul Farida   Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Rafiatul Hasanah   Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v3i1.48

  Keywords:

4-D, Powtoon, Solar System

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan di SMP Negeri 1 Balung yang dilatar belakangi dengan kurangnya guru untuk memanfaatkan teknologi dan fasilitas yang ada disekolah. Hal ini dalam Pembelajaran IPA dapat memanfaatkan sumber ataupun media pembelajaran bahkan menciptakan media pembelajaran tersendiri yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik. Selain itu, diketahui bawa pembelajaran sistem tata surya siswa mendapat kesulitan dalam menguasi materi yang cukup luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan ke validan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada materi sistem tata surya.2) Mendekripsikan respons peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi berbasis powtoon. Metode peneliti yang digunakan adalah metode pengembangan (Reseacrch and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan singkatan dari Define, Design, Develop, dan Dissminate. Hasil penelitian menunjukkan dari validitas ahli materi sebesar 94% dengan kriteria sangat valid, validasi media sebesar 93,33% dengan kriteria sangat valid, validasi pengguna oleh guru IPA sebesar 95,29% kriteria sangat valid. Uji coba skla kecil terdiri dari 6 siswa untuk melihat keterbacaan media pembelajar dengan hasil 87,46% dengan kriteria sangat menarik. uji skala besar dengan jumlah siswa 32 dengan hasil 92,05% kriteria sangat menarik. Dengan ini dapat disimpulkan bawah media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada materi sistem tata surya kelas VII SMP/MTs layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: 4-D powtoon sistem surya tata 

This research and development was carried out at SMP Negeri 1 Balung which was motivated by the lack of teachers to take advantage of the technology and facilities available at the school. This is in science learning can take advantage of sources or learning media and even create separate learning media that are in accordance with the material and characteristics of students. In addition, it is known that in learning the solar system students have difficulty in mastering a fairly broad material. The purpose of this study is to 1) describe the validity of the animation video based on Powtoon on the solar system material. 2) Describe the students' responses to the Powtoon-based animated video learning media. The research method used is the research and development method. The development model used is 4D which was developed by Thiagarajan which stands for Define, Design, Develop, and Dissminate. The results showed that the validity of material experts was 94% with very valid criteria, media validation was 93.33% with very valid criteria, user validation by science teachers was 95.29% very valid criteria. The smallscale trial consisted of 6 students to see the readability of the learning media with the results of 87.46% with very interesting criteria. large-scale test with the number of students 32 with a result of 92.05% very interesting criteria. With this, it can be concluded that the animation video learning media based on Powtoon on the solar system material for class VII SMP/MTs is suitable for use in learning.

Keywords: 4-D, Powtoon Solar System

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran . Jakarta.

BSNP. (2014). Komponen Kelayakan Kegrafikaan. jakarta.

BSNP. (2014). Komponen Kelayakan Materi. jakarta.

Budiningsih, C. A. (2015). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran . jurnal cakrawala pendidikan , 73.

Fiantis, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran audio visual powtoon tentang konsep diri bimbingan kelompok untuk peserta didik sekolah dasar. Angewandte chemie international edition , 5-24.

fina. (2021). Hasil Wawancara. balung.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektual, 34.

Jatiningtias, N. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan , 76.

Meianti. (2018). Pengembangan media pembelajaran powtoon pada KD menerapkan promosi produk pemasaran kelas X. jurnal pendidikan tata negara , 109.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Sonza, P. J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Disekolah Dasar. jurnal edutech undiksha, 9-19.

Rifa’i, M. R. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Materi IPA SMP. 8(1), 1–13.

Sahlan. (2015). Evaluasi Pembelajaran . Jember: STAIN Press.

Sanjaya, W. (2012). media komunikasi pembelajaran . jakarta: kencana prenada.

Sri katun, R. A. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia,. jurnal ilmiah ilmu pendidikan, 122.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implemtasnya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). jakarta: Bumi Aksara.

Willi Septianto, U. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada KD Mendeskripsiskan Pelaku-Pelaku Ekonomi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , 122.

Wiwin. (2020). Respons Guru IPA Terhadap Pembelajaran IPA Berintegrasi Etnosains Studi Pendahuluan di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan IPA, 46-53.

Wulandari, Y. (2020). Pengembangan media video berbasis powtoon pada materi ipa kelas v. jurnal pendidikan unsyiah.

Yeni Andriyanti, R. S. (2016). Pengembangan media powtoon berbasis audiovisual pada pembelajaran sejarah. jurnal criksetra, 58-68.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Farida, F. N., & Hasanah, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII SMP/MTs. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 3(1), 26–35. https://doi.org/10.35719/vektor.v3i1.48