EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SEBAGAI SOLUSI AWAL PEMBELAJARAN TATAP MUKA

DOI:
https://doi.org/10.35719/vektor.v3i1.45Keywords:
Blended Learning, Hasil Belajar, Solusi Pembelajaran, Learning Outcomes, Learning SolutionsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebagai solusi awal pembelajaran tatap muka dalam era new normal. Penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Waru Sidoarjo dengan sampel berjumlah 35 siswa berdasarkan Teknik Simple Random Sampling. Dilakukan Uji Hipotesis dengan Uji Independent Sample t Test dan Uji Normalitas serta Uji Homogenitas sebagai pengujian prasyarat penelitian. Hasil Uji Normalitas menunjukkan nilai signifikansi 0,200 > 0,05 data berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi 0,716 > 0,05 kedua varian data homogen. Hasil Uji Independent sampel t test menunjukkan nilai 0,0006 < 0,05 berarti terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar. Diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,15 pada kelas control dan 83,24 pada kelas eksperimen, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 5,09. Dari data hasil uji menunjukkan bahwa penerapan model Blended Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Blended Learning, Hasil Belajar, Solusi Pembelajaran.
This study aims to determine the effectiveness of the blended learning learning model on student learning outcomes in science subjects as an initial solution for face-to-face learning in the new normal era. The study used Posttest Only Control Group Design. The research was conducted at SMPN 1 Waru Sidoarjo with a sample of 35 students based on the Simple Random Sampling Technique. Hypothesis testing was carried out with Independent Sample t Test and Normality Test and Homogeneity Test as a research prerequisite test. Normality test results show a significance value of 0.200 > 0.05, the data is normally distributed. The homogeneity test showed a significance value of 0.716 > 0.05 for both variants of homogeneous data. The results of the Independent sample t test showed a value of 0.0006 <0.05, meaning that there was a difference in the average value of learning outcomes. Obtained an average value of 78.15 in the control class and 83.24 in the experimental class, resulting in an increase in learning outcomes of 5.09. The test data shows that the application of the Blended Learning model is effective in improving student learning outcomes.
Keywords: Blended Learning, Learning Outcomes, Learning Solutions.
References
Akhmalia, Suana, Maharta. (2016). Efektivitas Blended Learning berbasis LMS dengan model pembelajaran Inkuiri pada materi Fluida Statis terhadap penguasaan konsep materi siswa
Barbara, S., et al. (2008). Vienna E-Lecturing (VEL): Learning how to learn self regulated in an internet-based blended learning setting. International journal on e-learning.
Bibi, Jati. (2015). Efektivitas model Blended Learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah alogaritma dan pemograman.
Desy, Indriani. (2019). Pengaruh model Blanded Learing terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa sekolah dasar.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2008). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi.
Dwiyanto. (2020). Menyiapkan pembelajaran dalam memasuki “New Normal” dengan Blanded Learing.
Fajar, Rantika. (2019). Efektivitas model pembelajaran Blanded Learing untuk peningkatan hasil belajar geografi pada materi litosfer kelas X SMA.
Fitriya,Nevriyani, Ifdil. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar
Galang, Akhbar M., Dkk. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Di SMPN 38 Surabaya.
Graham,C R 2006. Blended Learning System: Definition, Current Trends, and Future Directions. San Fransisco: CA Pfeiffer
Istiningsih, Hasbullag. (2015). Blanded Learning, trend strategi pembelajara masa depan.
Juanda BJ. (2020). Pengembangan Aplikasi Blended Learning Di Sekolah Saat Pandemi Covid19 (Corona).
Maratun RS. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Poster Berbasis QR-Code Pada Materi Sistem Ekskresi.
Mufidah, Surjanti. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19
Nafrin, I. A., Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462
PMK, K. (2020). Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi, Semua Orang Harus Jadi Guru | Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 2024, 1–7.
Riinawati. (2021). Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15.
Sarwa, S. S. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah Dan Solusi. Penerbit Adab.
Seok, S. (2008). Teaching aspect on e-learning. International journal on e-learning.
Soekartawi. 2006. Blended Learning: Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. (ISSN:1907-5022)
Wahyunita, Subroto. (2021). Efektivitas model pembelajaran Blended Learning dengan pendekatan STEM dalam upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms of the CC BY-SA 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.