Pengembangan Assessmen Untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di SMP Se-Kota Bengkulu

Authors

  •   Lydea Eftiwin   IAIN Bengkulu
  •   Ahmad Walid   IAIN Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.33

  Keywords:

Pengembangan Assessment, Literasi Sains

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan assessmen untuk mengukur kemampuan literasi sains pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang teridiri dari 8 langkah, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba awal, dan produk akhir. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu ahli assessmen, ahli materi dan ahli bahasa, serta subjek siswa kelas VII SMPN se-Kota Bengkulu sebagai pengguna produk. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kelayakan assessmen oleh tiga ahli validator yang dikembangkan pada aspek assessmen sebesar 89%, aspek materi sebesar 92%, dan aspek bahasa 92%, secara keseluruhan dinyatakan sangat layak dengan ratarata sebesar 91%. Hal ini menunjukkan bahwa assessmen literasi sains untuk mengkur kemampuan literasi sains dinyatakan sangat layak digunakan  untuk mengukur tingkat kemampuan literasi sains peserta didik.

 

 ABSTRACT

This study aims to develop an assessment to measure scientific literacy skills in the interaction of living things with their environment. The research method used is a research and development method consisting of 8 steps, namely research and initial information collection, planning, initial product format development, small-scale trials, product revisions, initial trials, and final products. The trial subjects in this research and development are expert subjects, namely assessment experts, material experts and linguists, as well as the subjects of class VII SMPN students in Bengkulu City as product users. Data were analyzed descriptively qualitatively and quantitatively. The feasibility of the assessment by three validator experts developed in the assessment aspect of 89%, material aspect of 92%, and language aspect of 92%, all of which were declared very feasible with an average of 91%. This shows that the scientific literacy assessment to measure scientific literacy ability is stated to be very suitable to be used to measure the level of students' scientific literacy ability.

 

 

References

Bagiarta, I. N., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Komparasi Literasi Sains Antara Siswa Yang dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Study IPA, 5.

Gloria, R. Y. (2012). Pentingnya Asesmen Alternatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Membaca Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Scientiae Educatia, 1(1).

Gormally, C., Brickman, P., & Lutz, M. (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS): Measuring Undergraduates’ Evaluation of Scientific Information and Argument. CBE—Life Sciences Education, 11.

Kartika, A. T., Eftiwin, L., Lubis, M. F., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. JARTIKA, 3(1).

Muhammad, Fauroni, R, L. (2002). Visi Al-Quran Tentang Etika dan Bisnis. jakarta: Salemba Dinyiyah.

Organisation for Economic Cooperation and Development(OECD). (2016). PISA 2015 Results in Focus. Paris: OECD.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). (2018). PISA 2015 draft frameworks. Paris: PISA, OECD Publishing.

Rostikawati, D. A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar dengan Konteks SocioScientific Issues pada Materi Zat Aditif Makanan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2).

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Walid, A., Sajidan, S., Ramli, M., & Kusumah, R. G. T. (2019). Construction of The Assessment Concept to Measure Students’ High Order Thinking Skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2).

Winata, A., Cacik, S., & W., I. S. R. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN Sidorejo I Tuban pada Materi Daur Air. JTIEE, 2(1).

Zahro’, U. R. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Pada Tema Pemanasan Global. Tesis Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang Prodi Pendidikan IPA.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Eftiwin, L. ., & Walid, A. (2021). Pengembangan Assessmen Untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di SMP Se-Kota Bengkulu. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 80–87. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.33