PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  •   Fathur Rahman Arrozi   UIN KH Achmad Shiddiq Jember
  •   Nahdiah Nur Fauziah   PPG Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/vektor.v6i1.190

  Keywords:

Berpikir Kritis, Sistem Pencernaan, Teaching at the Right Level, Critical Thinking, Digestive System

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam model pembelajaran saintifik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis model Kemmis dan McTaggart, dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor berpikir kritis dari 52,40% (rendah) menjadi 84,50% (tinggi). Pendekatan TaRL dalam pembelajaran saintifik terbukti efektif, terutama dalam mengembangkan keterampilan menalar dan mengomunikasikan hasil pembelajaran.

Kata Kunci: Teaching at the Right Level, Pembelajaran Saintifik, Berpikir Kritis, Sistem Pencernaan

This study aims to analyze the effectiveness of the Teaching at the Right Level (TaRL) approach in a scientific learning model on improving students' critical thinking skills in human digestive system material. The method used is Classroom Action Research (PTK) based on the Kemmis and McTaggart model, with two cycles. The results showed an increase in critical thinking scores from 52.40% (low) to 84.50% (high). The TaRL approach in scientific learning proved effective in improving critical thinking skills, especially in reasoning and communicating learning outcomes.

Keywords: Teaching at the Right Level, Scientific Learning, Critical Thinking, Digestive System

References

Alucyana, A., & Raihana, R. (2023). Pembelajaran Saintifik dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 829–841. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4096

Arikunto, S. (2012). Penelitian tindakan kelas.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Cilliers, J., Fleisch, B., Kotze, J., Mohohlwane, N., Taylor, S., & Thulare, T. (2022). Can virtual replace in-person coaching? Experimental evidence on teacher professional development and student learning. Journal of Development Economics, 155(September 2020). https://doi.org/10.1016/j.jdeveco.2021.102815

Kusuma, W., Sumeni, M., & Chasannatun, F. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Melalui Pendekatan TaRL dan Model PjBL pada Kelas V SDN 02 Tawangrejo dalam Mata Pelajaran IPAS. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1467–1476. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.422

Mardiyah, N., Nuvitalia, D., Purnamasari, V., & Warsiti, B. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik dengan Pendekatan TaRL Pembelajaran IPAS. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(2), 393–404. https://doi.org/10.31537/ej.v8i2.1939

Muammar, M., Ruqoiyyah, S., & Ningsih, N. S. (2023). Implementing the Teaching at the Right Level (TaRL) Approach to Improve Elementary Students’ Initial Reading Skills. Journal of Languages and Language Teaching, 11(4), 610. https://doi.org/10.33394/jollt.v11i4.8989

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 (Cet. PT. Rosdakarya.

Muslimah, M. (2020). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(3), 1472–1479. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56958

Pebriani, M. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 1 Pagaralam). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 280–294. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18389

Pritchett, L., & Beatty, A. (2015). Slow down, you’re going too fast: Matching curricula to student skill levels. International Journal of Educational Development, 40, 276–288. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2014.11.013

Putri, U. K., & Junaidi, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Model PBL Berbantuan Media TTS pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Batang Gasan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 44–51. https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.108

Rahmawati, O. M., Oktaviani, A. M., & Wijaya, S. (2024). Analysis of the Effectiveness of the Teaching at the Right Level ( TaRL ) Approach in Improving Students ’ Literacy Skills through the 15-Minute Literacy Program at Primary School. 5(3), 1575–1592.

Ramdani, M., & Apriansyah, D. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.46

Rohani, R., Merta, I. W., & Wijayanti, T. S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 1 MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DI SMA NEGERI 1 LABUAPI. Jurnal Kependidikan, 8(2), 90–95.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Sakdiyah, H., & Annizar, A. M. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir Pantai Puger pada Materi Perbandingan. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.69

Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 579–587.

Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). KONSEP MERDEKA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Arrozi, F. R. ., & Fauziah, N. N. (2025). PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.35719/vektor.v6i1.190