https://vektor.uinkhas.ac.id/index.php/vtr/issue/feedVEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA2025-07-29T21:02:40+07:00Nanda Kirana Herviandarivektor@uinkhas.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA</strong> adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian IPA, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk naskah penelitian teorisitis dan empiris tentang Ilmu Pengetahuan Alam.</p>https://vektor.uinkhas.ac.id/index.php/vtr/article/view/167EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA2025-04-25T00:43:15+07:00Ahmad Hamam Aliahmadhamamali117@gmail.comBudiyonoAhmadhamamali117@gmail.com<p>Artikel hasil penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VIII dengan penerapan model <em>Project Based Learning</em> (PJBL) berbantuan media <em>Minmind Mapping</em> pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP RUQ Al Al Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui efektivitas model <em>Project Based Learning</em> (PjBL) berbantuan media <em>Mind Mapping</em> terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi Sistem Pencernaan Manusia di RUQ Al Falah Salatiga tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif (<em>True Experimen Design)</em> <em>Pretest-Posttest Control Group Design. </em>Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP RUQ Al Falah Salatiga berjumlah 50 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>Cluster Random Sampling</em>. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda <em>pretest-posttest</em> yang telah diuji melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda beserta angket respon siswa yang telah di uji keabsahannya melalui validasi ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji <em>Independent Sample T-Test</em> yang dihitung dengan menggunakan bantuan <em>software</em> SPSS 25. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimrn diperoleh nilai rata-rata <em>posttest </em>yaitu 84,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 70,20. Berdasarkan data tersebut, maka nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol (84,00 > 70,20) dibuktikan dengan <em>uji Indepent Sample T-Test</em> nilai t<sub>hitung </sub> 4,507 >2,036 t<sub>tabel</sub> dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Hipotesis H<sub>O </sub>ditolak dan H<sub>a </sub> diterima, sehingga model <em>Project Based Learning</em> (PJBL) berbantuan media <em>Mind Mapping</em> efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP RUQ Al Falah Salatiga tahun pelajaran 2024/2025.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Efektivitas, <em>Project Based Learning ,Mind Mapping, </em>Hasi Belajar</p> <p>This research article aims to (1) describe the learning outcomes of class VIII students with the application of the Project Based Learning (PJBL) model assisted by Mind Mapping media on the Human Digestive System Material at SMP RUQ Al Falah Salatiga in the 2024/2025 Academic Year, (2) determine the effectiveness of the Project Based Learning (PjBL) model assisted by Mind Mapping media on the learning outcomes of class VIII students on the Human Digestive System material at RUQ Al Falah Salatiga in the 2024/2025 Academic Year. This type of research uses quantitative research (True Experiment Design) Pretest-Posttest Control Group Design. The population of this study was all class VIII students of SMP RUQ Al Falah Salatiga totaling 50 students. Sampling used the Cluster Random Sampling technique. The instruments used in this study were multiple choice pretest-posttest questions that had been tested through validity tests, reliability tests, difficulty level tests, and discriminatory power tests along with student response questionnaires that had been tested for validity through expert validation. The data analysis technique used was the Independent Sample T-Test which was calculated using SPSS 25 software. The results of this study indicate that student learning outcomes in the experimental class obtained an average posttest score of 84.00 and an average control class score of 70.20. Based on these data, the average score of the experimental class> control class (84.00> 70.20) is proven by the Independent Sample T-Test test, the t count value is 4.507> 2.036 t table with a significance value of 0.00 <0.05. Based on these data, it can be concluded that the HO hypothesis is rejected and Ha is accepted, so that the Project Based Learning (PJBL) model assisted by Mind Mapping media is effective for the learning outcomes of class VIII students on the Human Digestive System material at SMP RUQ Al Falah Salatiga in the 2024/2025 academic year.</p> <p><strong>Keywords: </strong>Effectiveness, Project Based Learning, Mind Mapping, Learning Outcomes</p>2025-07-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Ahmad Hamam Ali